IBX5836EC9B0E5EF

Yuk, Mengenal Macam Macam Aliran Seni Lukis

Seni Lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa, seni lukis juga sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar.

Melukis adalah pekerjaan mengolah medium dua dimensi atau permukaan objek tiga dimensi untuk mendapatkan kebahagian tertentu. Media lukisan bisa berupa kanvas, kertas, papan dan bisa juga film yang ada didalam fotografi yang diaggap sebagai media lukisan. Alat yang digunakan pun beragam, syaratnya harus bisa memberi kepuasaan terhadap media yang digunakan.

1. Naturalisme

mvisalm.wordpress.com

mvisalm.wordpress.com

Karya seni lukis para seniman berusaha melukiskan segala sesuatu sesuai dengan alam atau nyata, yang artinya dilukiskan sesuai dengan apa yang kita lihat.  Agar lukisan yang dihasilkan benar-benar mirip dengan kenyataannya. Maka ketelitian dalam susunan, perbandingan, perspektif, tekstur, pewarnaan serta gelap terangnya harus sangat tepat. Di seni lukis ini sangat menekankan objek-objek yang realistis seperti alam.

2. Realisme

http://www.oceansbridge.com/

http://www.oceansbridge.com/

Karya seni ini berupaya menampilkan subjek dalam kehidupan sehari-hari tanpa menambahkan pandangan-pandangan tertentu. Makna yang di sampaikan bertujuan pada usaha memperlihatkan kebenaran, tanpa harus menyembunyikan hal yang buruk sekalipun.

Realisme dalam seni rupa kita bisa mengacu kepada gerakan kebudayaan yang bermula di Perancis pada pertengah abad 19. Tetapi karya-karya dengan ide realisme sendiri sudah pernah ada pada 2400 SM yang ditemukan di kota Lothal, atau dikenal sekarang dengan nama India.

Realisme juga terkenal akan gerakan kebudayaan di Perancis sebagai reaksi paham Romantisme yang telah ada pada pertengahan abad 19. Gerakan yang mendominasi biasanya berhubungan erat dengan perjuangan sosial, reformasi politik dan demokrasi.

Realisme secara tidak langsung mendominasi dunia seni rupa dan sastra di Perancis, Inggris dan Amerika Serikat di tahun 1840 hingga 1880.

Baca Juuga  Inilah Cara Membuat Bros Mudah dan Sederhana

3. Ekspresionisme

http://www.artexpertswebsite.com/

http://www.artexpertswebsite.com/

Karya seni ini menekankan akan kebebasan dalam bentuk dan warna untuk bisa mencurahkan emosi serta perasaan yang ada di dalam hatinya. Seorang seniman ekpresionisme cenderung mendistorsi kenyataan dengan efek-efek emosional. Dan biasanya emosi ini cenderung lebih kepada jenis emosi kemarahan dan depresi.

4. Kubisme

http://1-ps.googleusercontent.com/

http://1-ps.googleusercontent.com/

Pada awal abad ke-20 muncullah gerakan modern seni rupa yang dipelopori oleh Picasso dan Braque. Kubisme mempunyai prinsip-prinsip dasar yang umur yaitu menggambarkan bentuk objek dengan cara memotong, distirsi, ovelap, penyederhanaan, transparansi, deformasi dan menyusun.

Kubisme sendiri menggunakan bentuk-bentuk geometri (segitiga, segiempat,kerucut,kubus,lingkaran dll). Para seniman kubisme juga sering menggunakan teknik kolase, misalnya menempelkan potong kertas surat kabar dan gambar poster.

5. Fauvisme

chawedrosin.files.wordpress.com

chawedrosin.files.wordpress.com

Karya seni ini ialah aliran dalam seni lukis memiliki umur yang cukup singkat karena munculnya era seni rupa modern. Nama fauvisme sendiri dari bahasa Perancis “fauve” (binatang liar) oleh Louis Vauxcelles saat mengomentari pameran Salon d’Automne dalam artikelnya untuk suplemen Gil Blas edisi 17 Oktober 1905, halaman 2.

Fauvisme ialah sebuah aliran yang menghargai ekspresi dalam mengambil suasana yang ingin dilukis. Pelukis fauvis beranggapan bahwa harmoni warna yang tidak terikat dengan kenyataan di alam malah akan lebih memperlihatkan hubungan pribadi seniman dengan alam itu sendiri.

2 Comments

  1. wager May 18, 2015
  2. Miftahul Yahyadanusa May 18, 2015

Leave a Reply