IBX5836EC9B0E5EF

7 Tips Ini Bisa Kamu Ajarkan Kepada Anak Supaya Bisa Mandiri

Seiring dengan bertambahnya usia anak, si kecil harus diajarkan tentang kemandirian sejak dini. Hal ini penting dilakukan agar si kecil bisa segera melepaskan ketergantungannya kepada orang tua. Adalah tugas dan kewajiban orang tua untuk mengajarkan kemandirian anak. Sayangnya banyak orang tua yang tidak tahu bagaimana cara mengajarkan kemandirian.

Nah Bunda dibawah ini ada beberapa tips yang bisa digunakan agar anak bisa mandiri dan melepaskan ketergantungannya kepada orang tua.

Ciptakan rasa nyaman

Dalam mencoba hal baru, ada sebagian anak yang merasa takut, malu atau bahkan tidak mau mencobanya sama sekali. Harus Bunda ketahui hal ini lumrah terjadi pada anak-anak. Satu hal yang perlu Bunda ketahui adalah jangan memaksa bahkan membentaknya. Sebaliknya ciptakan rasa nyaman saat anak mencoba hal baru. Biarkan ia melihat dan mempelajari situasi sekitarnya. Dijamin lambat laun si kecil akan mencobanya.

Tanamkan etika

Bunda si kecil belum membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Ajarkan dan beritahu kepadanya mana yang salah dan mana yang benar. Bunda bisa memulai dengan hal-hal kecil seperti menaruh mainan di tempat nya semula setelah selesai bermain. Bunda juga bisa mengajarkan kepadanya untuk selalu mencium tangan kepada orang yang sudah dituakan seperti kakek, nenek, bude dan lain-lain.

Bisikan positif sebelum tidur

Bunda biasakan saat si kecil nyaris tertidur untuk membisikkan kalimat-kalimat yang bisa membuatnya nyaman, seperti Bunda sayang kamu, Mama percaya kamu dan lain-lain. Keesokkan paginya saat dia beranjak dari tempat tidur katakan “selamat pagi juara”. Studi ini menunjukkan bahwa pikiran paling mampu menyerap sugesti positif sesaat sebelum tidur.

Perlahan tapi pasti

Bunda tidak mudah bagi si kecil untuk memasuki suasana baru. Namun satu hal yang perlu diingat, jangan pernah memaksanya. Jika si kecil canggung atau malu bertemu dengan teman lain, buat kelompok bermain yang terdiri atas teman lama dan teman baru. Rasa kedekatan menciptakan jaring pengaman emosional bagi anak yang tertutup.

Baca Juuga  Inilah Jenis Buah-Buahan yang Bagus Untuk Anak

Benda kesayangan

Sering kali Bunda melihat si kecil membawa kemanapun mainan atau benda kesayanganya. Bagi dirinya, benda kesayangan itu dapat memberikan kekuatan melawan rasa takut. Mengenakan kostum atau jubah dan bahkan bicara dengan teman khayalan juga punya dampak yang sama. Anda hanya perlu mengawasi si benda kesayangan agar tidak tertinggal.

Lewat permainan

Petak umpet adalah permainan sempurna untuk membantu anak mengatasi ketakutan terpisah dan menghadapi hal yang tidak terduga. Permainan itu membawa anak selangkah meninggalkan rasa nyaman.

Pendengar yag baik

Bunda menyamakan keinginan bersama dengan si kecil memang tidaklah mudah. Dengarkanlah Bunda keinginan si kecil tanpa perlu menghakiminya atau merubah pola pikirnya. Dengan membiarkan dia menyatakan perasaannya, Bunda membantu si kecil mengembangkan kesadaran emosional sehingga dia mampu membuat keputusan dengan penuh percaya diri. Langkah tersebut membangun jalan menuju kehidupan yang mandiri bertanggung jawab dan penuh petualangan.

Leave a Reply