Anak Teknik Kimia? 7 Pekerjaan Ini Mungkin Cocok Untuk Kamu

Ketika seorang mahasiswa Teknik Kimia mendapat gelarnya, yaitu S.T, apa sih pekerjaan yang cocok bagi mereka di dalam dunia kerja? Pastinya yang masih mahasiswa Teknik Kimia, kamu akan melakukan perencanaan masa depan akan bekerja dimana, di bidang apa, di perusahaan mana dan sebagai apa?

Nah, bagi kamu yang telah lulus atau baru saja lulus kuliah dari Jurusan Teknik Kimia. Kamu pasti akan memikirkan bidang pekerjaan yang akan kalian tekuni di dalam dunia kerja nanti. Banyak pilihan yang masih terbuka lebar untuk kamu terjuni saat masuk ke dalam dunia kerja, namun apa sih pekerjaan yang cocok untuk kamu?

1. Oil & Gas (Owner & Service)

http://www.tms-co.de/
http://www.tms-co.de/

Oil & Gas masih merupakan salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan bagi lulusan teknik kimia, walaupun sebenarnya pekerjaan ini merupakan pekerjaan asli dari lulusan Teknik Perminyakan. Oil & Gas bisa menjadi sebuah pekerjaan yang pas bagi anak teknik kmia karena dinilai memberikan benefit yang tinggi dari segi pendapatan, maupun dari segi training salary.

Alasan lain yang dapat membuat kamu harus masuk ke pekerjaan ini adalah Career Development yang sangat baik. Namun, kamu tidak hanya harus berbekal IPK yang tinggi untuk bisa masuk ke pekerjaan ini. Kamu juga harus memiliki keahlian lain, seperti kecakapan non teknis atau biasa disebut Soft Skill.

2. FMCG (Fast Moving Consumer Goods)

http://www.morganmckinley.ae/
http://www.morganmckinley.ae/

FMCG juga menjadi salah satu pekerjaan yang cocok untuk kamu sarjana Teknik Kimia, dikarenakan dapat memberikan business sense yang tinggi saat masuk di beberapa posisi pekerjaan FMCG. Dengan gaji relatif tinggi, ditambah career path yang baik juga.

Skill baru seperti supply chain management, sales dan maretking menjadi tantangan tersendiri bagi sarjana Teknik Kimia. Perusahaan yang cocok kamu lamar adalah Nestle, Unilever, P&G, Johnson & Johnson, KAO dan masih banyak lagi.

3. EPCC (Engineering, Procurement, Construction, and Commissioning)

http://petromaint.net/
http://petromaint.net/

EPCC juga sangat cocok untuk sarjana Teknik Kimia karena bidang pekerjaan ini sangat erat kaitannya dengan bidang studi yang ada pada Teknik Kimia yaitu perancangan pabrik kimia, atau chemical plant design. Perusahaan EPCC akan memberikan kesempatan yang sangat besar bagi sarjana Teknik Kimia untuk mengasah kemampuan keprofesionalisannya secara mendalam sehingga ilmu yang kamu pelajari di Teknik Kimia akan semakin expert.

Ilmu dasar EPCC ada semua di pendidikan Teknik Kimia hampir sekitar 80-90%. Jadi sarjana S1 Teknik Kimia sangat recomended sekali untuk masuk kerja di EPCC atau EPC. Di dalam bidang ini sarjana Teknik Kimia akan bekerja sebagai PFD, P&ID, analisi NME, sizing peralatan proses pabrik, merancang proses kimia, trouble shooting dan masih banyak lagi. Perusahaan yang cocok kamu lamar adalah KBR, Saipem, Technip, Rekayasa Industri, IKPT, Tripata dan lain-lain.

4. Petrokimia

http://www.cnoocshell.com/
http://www.cnoocshell.com/

Dunia petrokimia dinilai sangat erat kaitannya dengan studi pendidikan kurikulum sarjana Teknik Kimia dan jika bekerja disini akan membantu sekali dalam mengembangkan ilmu yang telah dipelajari. Dalam proses di bidang petrokimia sendiri banyak melibatkan proses pencampuran, pemisahan dan konversi kimia. Tentu saja hal ini sering dilakukan oleh para sarjana Teknik Kimia.

Bidang industi pupuk urea dan amonia juga menjadi prospek pekerjaan yang menjanjikan bagi sarjana Teknik Kimia. Perusahaan yang recomended untuk melamar kerja ialah Pupuk Sriwidjaja, Petrogres, Pupuk Kaltim, Candra Asri, Trypolita dan lainnya. Gaji perbulannya bisa mencapai 6-10 juta.

5. Chemical Industry

http://www.consumernewspk.com/
http://www.consumernewspk.com/

Chemical Industry juga memiliki nilai yang sangat berhubungan dengan pendidikan sarjana Teknik Kimia. Hal ini menjadikan chemical industry menjadi pilihan yang cocok bagi sarjana taknik kimia. Perusahaan yang bagus untuk bekerja sebagai chemical industry adalah Nalco, Cognis, Givaudan, Lautan Luas dan lain-lain. Gaji perbulannya 4-8 juta.

6. Research & Development

http://www.globalspec.com/
http://www.globalspec.com/

Menjadi peneliti adalah salah satu pekerjaan yang sangat cocok untuk sarjana Teknik Kimia. Baik lembaga swasta maupun lembaga pemerintah. Sebut saja seperti, LIPI, BPPT, LAPAN, Lemigas, BATAN, atau bisa juga bekerja sebagai dosen/peneliti di sebuah universitas.

7. Consultant

http://diginomica.com/
http://diginomica.com/

Bekerja sebagai seorang konsultan juga mampu mengasah kemampuan sarjana Teknik Kimia di bidang business sense dan segi management skill. Dan tentunya mengasah di bidang analitycal thinking, out of the box dan problem solving. Gaji yang sangat tinggi juga merupakan pekerjaan yang sangat diminati, walaupun sebenarnya perusahan yang membutuhkan sedikit SDM. So, jika kamu ingin menjadi seorang konsultant persiapkan kemampuan yang cukup dan tentunya proses seleksinya sangat ketat dan peluangnya kecil. Perusahan yang recomended adalah McKinsey & Company, BCG, Accenture dan lain-lain. Pendapat konsultan ternama sekitar 10-15 juta per bulan.

2 thoughts on “Anak Teknik Kimia? 7 Pekerjaan Ini Mungkin Cocok Untuk Kamu

Leave a Comment