IBX5836EC9B0E5EF

Seperti Apakah Konten Berkualitas itu?

Konten Berkualitas adalah informasi yang bermanfaat dan dapat di baca oleh manusia dan Google, serta dapat dipahami.

Ada beberapa unsur yang harus di perhatikan dalam menulis sebuah Konten, baik bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Di dalam konten ini,  saya akan membahas  tentang 4 unsur yang harus di perhatikan dalam penulisan konten.

4 M yang Harus diperhatikan Dalam Penulisan Konten

1. Minimal 500 Kata

Dalam sebuah konten harus terdapat setidaknya 500 kata karena itu adalah syarat minimal untuk menulis konten. Konten juga harus bisa menyenangkan pengunjung dan google, serta mudah untuk dipahami. Percuma saja sebuah konten yang isi nya 500 kata tetapi tidak dapat dipahami oleh manusia dan google, alhasil konten yang kita buat tidak mendapatkan social signal dari manusia itu sendiri.

2. Minimal 2 Gambar

Gambar adalah suatu bentuk tulisan yang bisa mengambarkan kejadian atau makna dari gambar tersebut. Gambar di dalam konten itu sangat penting, kita tidak tau dari mana para pembaca untuk melihat website kita bisa jadi dari keyword, atau link yang kita bagikan nah, ketika kita meyisipkan gambar pada artikel kita dan masuk ke google, secara tidak langsung para pembaca akan mengunjungi website kita. Contoh seperti gambar di bawah ini:

Gambar Kopi

Para pembaca mengunjungi website kita melalui gambar

Nah, Para pembaca itu mencari kata kopi pada google, dan ketika di klik tombol “Kunjungi laman” itu berarti ketika kita mengklik tombol itu kita akan langsung dibawa ke Website kita.

Dan untuk gambar sendiri didalam artikel itu tidak dibatasi, mau sebanyak apapun tidak apa-apa. Asalkan setiap kali menyisipkan gambar pada konten perhatikan hal ini pula.

Pastikan masukkan Title dan ALT bertujuan untuk optimasi gambar. Gunakan keyword yang kita tuju untuk gambar atau tema yang kita buat. Contohnya seperti dibawah ini:

Tilte dan ALT website

Title dan ALT untuk mengoptimasi gambar

Dan pastikan Title dan ALT nya harus berbeda ya.

Baca Juuga  Mengenal Domain dan Hosting

3. Mengunakan H3 dan H4

Fungsi dari H3 dan H4 ini adalah untuk pengindeksan kata dalam postingan konten. Google mengindeks kata atau keyword yang ditandai dengan bold, italic, underline atau H3 dan H4. Karena itulah kata yang akan muncul atau dicari di SERP (Search Enggine Result Page).

Contoh penggunaan H3 dan H4
H3 juga berfungsi sebagai sub bab atau sub heading.

H4 juga berfungsi sebagai sub H3

H3 dan H4 dalam website

H3 dan H4 digunakan untuk mepermudah google mengindeks suatu halaman website.

4. Mengandung Internal Linking

Internal Linking adalah suatu link yang menuju konten lain yang masih terdapat didalam website yang sama. Contoh dari Internal Linking: Jadilah Orang Baik

 

Tambahan Untuk Pengaturan Dasar Website Baru

1. Time Zone

Time Zone adalah Zona waktu yang menentukan keberadaan dimana kita tinggal dan pengaturan time zone ini sangat penting, karena bisa jadi sebagai identitas website kita. Contoh: kita tinggal di Indonesia Time Zone yang di gunakan adalah (UTC +7)

Cara mengatur Time Zone

-Masuk Login ke Website

Login wordpress untuk masuk ke dashboard.

Alat untuk memasuki dashboard wordpress

– Masuk ke Setting

Time Zone WordPress

Pengaturan Zona waktu ditempat kita berada

– Cari Timezone

– Klik segitga kebawah dan pilih (UTC +7)

– Lalu Save Changes

2. Permalinks

Permalink adalah sebuah URL yang mengarah pada suatu blog. Terkadang ketika kita membuat suatu konten dan ternyata link untuk konten kita tersebut tidak sesuai dengan judul contoh: Nama judul pada konten kita “Apa Manfaat dari Konten” jadinya seperti ini “biftah.com/11/05/2014/sample-post” dan ketika kita publish ke web kita maka google akan susah mendeteksi. Konten kita ini isi nya apa? Robot google akan sulit mendekteksi dan otomastis susah untuk terindek ke mesin pencari google. Tetapi jika kita mengatur permalinks nya dengan Post name maka Robot google akan cepat memahami apa sih isi konten kita. Cara untuk mengatur permalinks:

– Log in ke WordPress

Baca Juuga  Cara Praktis Membuat Konten Berkualitas

– Cari Setting/Pengaturan

Setting Permalinks

Setting wordpres untuk permalinks

– Klik permalinks

– Lalu klik Post name

Post Name Permalinks

Cara mengubah permalink default ke post name

– Lalu save changes

Maka URL konten kita seperti ini biftah.com/apa-manfaat-dari-konten/ dan url ini akan sama pada keyword yang kita berikan pada description serta judul dari konten kita.

Semoga artikel ini bermanfaat.. 😀

Leave a Reply