Pengertian Seni Grafis Ini Akan Membuat Kamu Lebih Tau Arti Seni yang Sebenarnya

Pengertian Seni Grafis

Seni grafis adalah salah satu cabang seni rupa yang memiliki proses pembuatannya dengan menggunakan teknik cetak dan biasanya dilakukan di atas kertas. Namun, beda dengan teknik Monotype proses yang dilakukan dengan menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak, hal ini disebut dengan proses cetak. Setiap salinannya disebut sebagai “impression”.

Di sisi lain lukisan atau drawing dapat menciptakan karya seni yang orisinil yang unik.
Cetakan diciptakan dari sebuah bahan pada permukaannya, inilah yang diberi nama matrix. Namun matrix yang sering digunakan adalah: plat logam, biasanya tembaga atau seng digunakan untuk engraving atau etsa; batu juga digunakan untuk litografi; papan kayu untuk woodcut/cungkil kayu. Dan masih banyak lagi bahan yang dapat digunakan untuk membuat karya seni grafis. Setiap hasil cetakan biasanya para pengrajinan seni menganggapnya sebagai suatu karya yang orisinil, bukan sebuah salinan.

Macam-macam Seni Grafis

1. Intaglio Print (Cetak Dalam)

deviantart.net
deviantart.net

Intaglio Print atau Cetak dalam adalah salah satu ragam seni grafis yang memiliki proses pembuatannya dengan tahap cetakan yang terbuat dari plat alumunium, alumunium ini dibentuk menggunakan alat yang tajam sehingga akan membentuk goresan yang dalam.

Setelah itu barulah tinta dituangkan di dalam goresan yang dalam tadi barulah diatasnya diletakkan kertas. Sebelumnya kertas tersebut sudah dibasahi dengan air terlebih dahulu. Tinta tersebut akan melekat pada sisi kertas dan secara otomatis terbentuk menyesuaikan ukiran tadi. Teknik cetak ini dapat digunakan dengan bahan alumunium, tinta dan kertas.

2. Screen Printing (Cetak Saring)

youtube.com
youtube.com

Cetak saring adalah salah satu ragam seni grafis yang terbuat dari tahap cetakan dengan menggunakan bahan screen atau kain. Kain inii dilapisi dengan bahan yang peka akan cahaya. Screen kemudian ditutup film dan akan dilakukan penyinaran. Berikutnya screen akan dicuci selanjutnya akan terbentuk cetakan yang berlubang (saring) sesuai dengan filmnya.

Untuk mendapatkan bentuk gambar sesuai dengan cetakan cat dirakel dan dituangkan diatas screen. Alat yang digunakan untuk mengunakan teknik ini adalah Scren, rakel dan meja sablon. Bahan yang digunakan adalah afdruk, cromatine, film dan cat sablon.

Baca juga: Seni Musik

3. Printing Hight (Cetak Tinggi)

wisnujadmika.wordpress.com/
wisnujadmika.wordpress.com/

Cetak tinggi adalah salah satu ragam karya seni grafis yang pembuatannya sangat unik yaitu dengan proses pembataan dari bahan yang dicuil atau dicungkil, sehingga permukaannya menjadi tinggi dan rendah(relief). Pada bagian yang lebih tinggi ini akan dilumuri oleh tinta cetak dan alat rol karet.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan untuk cetak tinggi ini adalah karet hardboard, alumunium, kayu, cat minyak, tinta, kertas karton, kertas tela. Sedangkan alatnya adalah pisau dan penggaris. Contoh dari cetak tinggi ini bisa kamu lihat dari pembuatan stempel atau cap.

4. Printing Image(Cetak Foto)

http://www.printing-x-press.net
http://www.printing-x-press.net

Cetak foto juga salah satu raam seni grafis yang mungkin kamu sudah pernah mendengarnya. Pembuatan seni grafis ini dilakukan melalui pemotretan dengan menggunakan kamera, pencucian film dan juga percetakan gambar.

Teknik cetakan ini adalah afdruk khusus untuk fotografi digunakan bahan kertas, film dan bahan-bahan cuci film lainya. Alat yang digunakan adalah kamera. Sedangkan bahannya adalah tinta dan kertas dengan alat komputer, kamera dan juga printer.

Sekian dulu ya, pembahasannya semoga bermanfaat.

Leave a Comment