IBX5836EC9B0E5EF

Saat Anak Remaja Kita Mulai Kecanduan Smartphone

Jika mendengar cerita tentang anak remaja yang kecanduan smartphone saat ini seringkali membuat prihatin. Sekarang memang sedang zamannya anak-anak remaja tidak bisa lepas barang semenit dari yang namanya gadget. Meskipun saat ini sudah banyak orang tua yang menegerti teknologi, tetapi tetap saja harus siaga. Orang tua harus tahu informasi terkini tentang fenomena keranjingan gadget.

Beli gadget mahal untuk anak sah-sah aja. Apalagi kalo belinya di MatahariMall yang banyak promo harga hemat dan pilihan smartphone yang beragam. Namun sebaiknya kita tetap ingat untuk melakukan hal-hal ini. Tujuannya tentu saja supaya anak tetap melakukan kegiatan secara normal tanpa kecanduan gadget.

Buat Komitmen dengan Anak

Sebelum mewujudkan keinginan anak untuk memiliki gadget canggih, buat dulu komitmen dengannya. Komitmen bahwa anak harus tetap rajin belajar, mudah dihubungi setelah punya smartphone serta tidak lalai dengan tanggung jawabnya sebagai anak dan pelajar. Kalo sudah saling menyetujui komitmen, bisa deh gadget itu dipercayakan pada anak.

Hubungan dengan Anggota Keluarga Harus Tetap Akrab

Anak harus diajarkan untuk melepas smartphone-nya pada saat-saat tertentu. Misalnya saat sedang belajar di rumah, makan bersama keluarga atau sedang kumpul-kumpul bersama keluarga di rumah. Tanamkan kebiasaan baik bahwa hubungan dengan orangtua, kakak, adik, dan anggota keluarga lainnya harus tetap hangat. Jangan sampai anak malah cenderung sibuk sendiri dengan smartphone-nya.

Jangan Manjakan Anak yang Sering Minta Pulsa

Tak tega sih rasanya kalo anak kehabisan pulsa dan mulai merajuk minta dibelikan. Namun setidaknya kita harus tahu kenapa pulsa yang digunakan bisa cepat habis. Penggunaan media sosial, browser, dan game online secara berlebihan kan juga bisa bikin pulsa cepet habis. Ajarkan anak untuk menggunakan pulsa secara hemat untuk hal-hal yang benar-benar dibutuhkan.

Baca Juuga  Jual Pancake Durian Jogja Murah Enak WA 089657457090

Tiga hal tersebut memang tampak sederhana. Dari hal sederhana seperti itu, orangtua modern bisa mengajarkan tentang arti tanggung jawab pada anak. Sehingga tumbuh kembang dan sosialiasi anak remaja berlangsung dengan baik tanpa dipengaruhi perilaku kecanduan gadget.

Leave a Reply