IBX5836EC9B0E5EF

Resep dan Cara Membuat Tahu Gejrot Cirebon

Kamu pernah makan Tahu? Pasti pernah kan, tahu yang biasa nya kita makan warna nya ada yang putih dan kuning tergantung selera kamu mau makan yang mana. Tahu juga salah satu makanan khas warga Indonesia, biasanya tahu di hidangkan untuk lauk pendukung dari lauk utama seperti ayam goreng, ikan, daging, dll. Nah, kali ini saya akan memberitahu tahu khas Cirebon yang sangat terkenal yaitu Tahu Gejrot Cirebon.

Memang banyak olahan tahu di nusantara, namun tidak di pungkiri bahwa rasa tahu gejrot memang lebih  menggoda karena rasa gurih pedas manis sehingga menjadi sangat enak sekali. Jika tidak ingin repot-repot ke Cirebon kamu dapat membuat nya dengan cara di bawah ini.

Resep dan Cara Membuat Tahu Gejrot Cirebon

Bahan-bahan

  • 20 potong tahu sumedang
  • Kecap manis secukupnya
  • 4 sendok makan, air asam jawa
  • 30 gram gula merah
  • 250 ml air matang

Bahan bumbu

  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah cabai hijau
  • 6 buah cabai rawit

Cara membuat Tahu Gejrot

  1. Masukan tahu Sumedang kedalam air matang yang sudah di persiapkan sebelumnya, dan beri 1 sendok garam halus rendam kurang lebih 20 menit.
  2. Setelah itu goreng tahu hingga matang, kemudian angkat dan tiriskan.
  3. Masak 250 ml air bersama dengan gula merah dan air asam Jawa. Aduk rata hingga mendidih, lalu angkat dan tiriskan.
  4. Sambil menunggu tahu nya dingin, buatlah bahan bumbu yang telah di siapkan dengan cara menggulek kasar semua bahan bumbu tersebut.
  5. Potong kecil tahu Sumedang yang sudah di goreng sebelumnya, kemudian sajikan diatas piring dan tambahkan pula didalam air bumbu serta ulekan dari bawang cabai tadi.
  6. Kemudian Tahu Gejrot siap di santap.
Baca Juuga  Kamu Pencinta Es Krim? Inilah Cara Membuat Es Krim Goreng yang Mudah di Rumah

Nah, mudah kan cara membuat Tahu Gejrot Cirebon, kulinet Indonesia itu tidak ada matinya dan pastinya enaka banget. Kamu gak akan kehabisan kuliner deh, jika kamu ke seluruh nusantara kamu pasti nemuin tuh, makanan-makanan yang belum pernah kamu rasain. Contohnya aja di Jogjakarta, banyak banget, hampir di setiap jalan menyediain makanan. Dari mulai gudeg sampai warung burjo ada, dari yang paling mahal hingga paling murah juga ada. heheh.. Oh ya baca juga Sate Padang Pariaman yang bisa membuat lidah dan hati kamu menjadi senang riang gembira karena rasanya tidak kalah dengan sate ayam dan sapi diluaran sana.

2 Comments

  1. QORRYFELT April 4, 2015
  2. Biftahul Yahyadanusa April 5, 2015

Leave a Reply