Pengertian Seni Kriya yang Harus Di Pelajari

Seni kriya adalah salah satu cabang seni rupa yang menekankan pada keahlian tangan yang tinggindalam proses pengerjaannya. Seni kriya berasal dari kata sansekerta “Kr” yang artinya mengerjakan, dari akar kata tersebut kemudian menjadi kriya, kriya dan kerja. Dalam artian khusus mengerjakan sesuatu untuk menghasilkan benda atau objek yang bernilai seni.

Fungsi Seni Kriya

  • Sebagai benda pakai
  • Sebagai benda mainan
  • Sebagai benda hias

Jenis Seni Kriya

Dalam membuat karya seni kriya, pengrajin diharuskan untuk memperhatikan beberapa hal yaitu bentuk, fungsi dan bahan. Maka dari media tersebut kita dapat mengelompokkan menjadi delapan yaitu: kriya batik, tenun, bordir, anyam, keramik, ukiran, logam dan batu.

Kriya Anyaman

ec21.com
ec21.com

Kriya anyaman ialah teknik berkarya dengan cara mengatur bahan-bahan dasarnya dalam bentuk tindih, menindih, silang-menyilang dan lipat-melipat pakan dan lungsen dengan pola tertentu. Bahan yang sering digunakan ialah rotan, bambu, pandan, lontar, mendong, enceng gondok, kertas, plastik dan tali.

Kriya Keramik

http://www.bombayharbor.com/
http://www.bombayharbor.com/

Kriya keramik yaitu benda yang dibuat dari tanah liat setelah itu dibakar. Dibuat menggunakan teknik slab/lempeng, putar/throwing, pilin/coiling, pijat/pinching dan cetak tuang.

Kriya Bordir/Sulam

aliimg.com
aliimg.com

Kriya ini menempatkan hiasan dari benang yang dijaitkan pada kain memiliki fungsi untuk menghias dan mempercantik tampilan kain. Pengaplikasian kriya ini digunakan pada baju, tas, kerudung, taplak dan mukena.

Kriya Logam

http://solotechcn.com/
http://solotechcn.com/

Kriya ini mengolah logam menjadi berbagai macam benda kerajinan. Dalam pembuatannya ada 2 teknik yaitu: a cire perdue/cetak lilin dan teknik bivalvel/setangkap. Perunggu, kuningan, tembaga, emas dan perak adalah bahan baku pembuatan kriya logam ini.

Kriya Lukis

http://www.imgion.com/
http://www.imgion.com/

Kriya lukis proses memproduksinya dilakukan secara manual di atas kain sejenis kanvas yang dibentangkan. Proses awal pelukisan dengan melukis dasar selanjutkan dengan tahap penyelesaian. Di dalam kriya lukis, seorang pelukis dapat membuat karya yang sama secara berulang-ulang.

Kriya Kulit

http://www.wightleathercraft.co.uk/
http://www.wightleathercraft.co.uk/

Kriya kulit adalah kriya yang menggunakan kulit hewan sebagai bahan bakunya. Kulit yang biasa digunakan untuk pembuatannya adalah kulit kerbau, sapi, kambing, buaya dan ular. Pada proses pembuatannya kulit tersebebut mengalami pengolahan yang panjang mulai dari pemisahan kulit dengan hewan, pencucian, pembersihan, perendaman, pewarnaan, pengeringan dan pengahalusan.

Kriya Ukiran

http://iliketowastemytime.com/
http://iliketowastemytime.com/

Kriya ini adalah karya seni yang dihasilkan dengan mengolah permukaan suatu benda sehingga menghasilkan bentuk yang indah dengan tehnik dipahat. Bahan dasar kriya ini adalah kayu, tulang, kulit, logam, batu dan gading gajah.

1 thought on “Pengertian Seni Kriya yang Harus Di Pelajari

Leave a Comment