Mengenal Domain dan Hosting

Hello masyarakat, hehe..

Ketemu lagi bersama gue, admin kece dan  tamfan. Nah kali ini gue akan membahas tentang domain dan hosting. Karena hari ini adalah hari rabu makanya gue membuat tulisan tentang Internet Marketing. Sebelumnya lo sudah pada tau belum apa itu domain dan hosting kalau sudah belajar lagi ya, hehehe. Sebenarnya Materi ini harusnya di awal sekali namun apa daya gue baru bisa nulis materi ini sekarang. Jadi untuk hari ini materi nya adalah internet marketing Judul nya di atas tuh.

Mengenal Hosting Lebih Dekat

Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan data-data dari website kita yang berada pada internet. Contohnya hosting itu ibarat tanah kavling yang memiliki luas tanah yang berbeda-beda, luas tanah itulah kalau di internet bernama hosting. Hosting ukurannya dalam MB(megabyte), ada yang besar ukuran dan ada yang kecil tergantung budget kita. Di dalam dunia nyata dalam sepetak tanah tersebut kita bisa membuat rumah, toko, dan kantor. Nah, sedangkan di internet dengan memiliki hosting kita bisa membuat website pribadi, toko online dan bisa juga website perusahaan. Website juga bisa diartikan sebagai rumah.

Kalo yang ini menurut Wikipedia hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan individu-individu atau organisasi mengirim atau menempatkan data melalui internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, dan DNS.

Name Server

Name Server adalah kode untuk menghubungkan website kita pada server hosting untuk memasukan data-data pada website yang ingin kita buat. Name Server ini diberikan kepada penyedia layanan hosting, jadi setelah kita menyewa sebuah hosting, kita akan diberikan name server dari mereka biasanya melalui alamat email. Jangan nanyak lagi apa itu email, cari gih di mbah google. (baca juga: Seperti Apakah Konten Berkualitas itu)

Mengenal Domain Lebih Jauh

Domain Hosting
Domain adalah alamat suatu website.

Domain

Sudah pernah dengar kata domain sebelumnya? Kalo belum simak betul-betul ya, domain adalah nama alamat untuk mengunjungi suatu website tertentu. Contoh domain “www.biftah.com” nah ini yang dinamakan domain bro. Domain juga bisa di artikan sebagai alamat rumah.

Domain ini sangatlah penting, banyak orang juga menyebutkan bahwa domain ini sebagai aset. Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin membeli domain, sangatlah harus memperhatikan nama domain yang ingin kamu beli.

Subdomain

Subdomain adalah bagian dari domain induk. Subdomain biasa nya mengacu pada subdomain induk. Contoh nya, www.biftah.com adalah domain induk. sedangkan lapak.biftah.com adalah sebuah sub domain. Biasanya, sub domain ada di depan domain induk dan di pisah dengan titik, seperti lapak.biftah.com. lapak adalah subdomain sedangkan biftah itu sendiri adalah domain induk.

Top Level Domain

Top Level Domain biasa disingkat TLD adalah kata unik yang terletak di belakang domain. Contoh TLD seperti (dot)com (dotcommercial ditujukan untuk kepentingan kemersil), (dot)org (dotorganization ditujukan untuk kepentingan organisasi tertentu), (dot)net (dotnetwork ditujukan untuk kepentingan networking), (dot)edu (doteducation ditujukan untuk website pendidikan), (dot)gov (dotgoverment ditujukan untuk website pemerintahan) dan lainya.

Second Level Domain

Secon Level Domain biasa disingkat SLD adalah nama yang kita beli di penyedia layanan domain. Contoh domain yang kita beli biftah.com maka biftah adalah Second Level Domain nya sedangkan (dot)com nya adalah TLD.

 Third Level Domain

Third Level Domain biasa disingkat TLD, sebenarnya TLD penjelasanya sama dengan Sub Domain. Contoh nya seperti ini lapak.biftah.com adalah Third Level Domain, biftah adalah Second Level Domain nya, dan (dot)com adalah Top Level Domain nya.

Nah, segitu dulu ya pembasan tentang hosting dan domain dari gue, semoga bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. oh ya baca juga ni, 7 Plugin Wajib yang Haru Kamu Miliki Untuk WordPress.

Sekian dan terima kasih guys.. 😀