Bayi tidur

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Anda

Tidur Siang ternyata dapat menyembuhkan dan menghindari dari berbagai penyakit berbahaya, tidur siang juga tidak selamanya berbahaya karena tidak tahuan kita saja, kebanyakan orang mengatakan nya berbahaya. Nah, di artikel saya kali ini saya akan memberitahukan beberapa manfaat dari Tidur Siang yang mungkin anda belum tau.

Manfaat Tidur Siang

1. Meningkatkan Daya Ingat Otak

Manfaat tidur siang ternyata dapat membuat daya ingat otak manusia, sangat baik tentunya untuk orang tua (lansia). Karena semakin tambah nya umur, mereka cenderung melupakkan memory masa lalu dan menurun nya daya ingat.

Bagi anak-anak yang sedang sekolah sangat baik sekali karena dapat meningkatkan daya ingat karena pelajaran disekolah sering sekali menghafal setiap ada pembelajaran di sekolah nya.

2. Meningkatakan Kewaspadaan

Ada saat nya kelopak mata sulit terbuka, terutama saat makan siang dan anda mengalami ngantuk berat. Jika sudah terjadi, pekerjaan anda tidak dapat dikerjakan dengan baik dan cepat. Sebaiknya luangkan lah waktu 20-40 menit untuk tidur siang setelah itu lakukan lah pekerjaan anda seperti semula.

Sebuah studi di NASA menemukan bahwa tidur siang selama 40 menit dapat meningkatkan kewapadaan sampai 100%. Penelitian lain tidur siang selama 20 menit lebih baik dari pada 200mg kafein atau olahraga.

3. Istirahat yang Menyegarkan

Tidur Siang dapat membuat waktu istirahat agar cukup sehingga tubuh dapat menjadi segar. Istirahat juga dapat membantu dalam peremajaan tubuh.

4. Jantung Lebih Sehat

Tidur Siang ternyata dapat membuat Jantung lebih sehat. Jika anda melakukan tidur siang selama 20-40 menit akan dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Sebuah penelitian orang yunani ternya tidur selama 30 menit selama 3 kali sehari dalam waktu seminggu dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler sebesar 37%. Untuk itu disarankan untuk orang tua yang lanjut usia tidur siang, untuk menjaga Jantung nya. Dan tidur siang yang baik antara pukul 10 pagi sampai 11 siang lewat.

5. Meningkatkan Mood

Neurotransmitter serotoni dapat mengatur suasana hati, tidur, dan selera kita. Ia juga menghasilkan perasaan, kepuasan dan kesejahteraan. Tetapi ketika tubuh kita stress, serotin tersebut yang digunakan akan lebih tingga dan sementara produksinya berhenti. Akibatnya, kita bisa menjadi cemas, mudah marah, depresi, kewalahan, dan mudah terganggu. Dan untuk itulah kita perlu tidur siang untuk mengatur perasaab cemas dalam tubuh kita menjadi semangat lagi.

6. Mengatasi Insomnia

Tidur siang dapat memabantu dalam mengatasi penyakit seperti Insomnia. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menegaskan bahwa tidur siang akan membantu penderita insomnia terlihat lebih bugar. Karena jatah waktu istirahatnya lebih panjang

7. Mengurangi Stress

Bayi Menangis
Bayi imut menangis

Stress merupakan salah satu penyakit yang berbahaya lainya seperti gangguan syaraf dan jantung. Banyak nya aktifitas yang dikerjan akan membuat otak menjadi tegang karena terlalu banyak berfikir secara terus menerus. Bisa menjadi beban dan stress yang berlebihan. Berapa banyak pun aktivitas yang dilakukan ada baiknya tidur siang lah minimal 20 menit. Hal ini dapat mengoptimalkan kinerja organ di dalam tubuh untuk melakukan aktivitas dengan lancar. (baca juga: 5 Cara Menghilangkan Stress)

8. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Kurang tidur dapat menyebabkan kelebihan hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol, atau biasa dikenal dengan hormon stress, dapat membantu kita dalam merespon anggota tubuh. Kelebihan Kortisol meningkatkan intoleransi glukosa dan lemak perut, melemahkan otot serta sistem kekebalan dalam tubuh.

Nah, tidur siang yang baik antara pukul 10-11 siang karena waktu-waktu itulah yang baik untuk tidur siang. Kesimpulan nya adalah tidur siang banyak sekali manfaat nya seperti yang di terangkan di atas. Cukup banyak juga ya.. heheh..

Sekian semoga bermanfaat..