IBX5836EC9B0E5EF

Makanan Sehat Bagi Penderita Kolesterol

Makanan Sehat

acunaturalhealth.com.au

Mengkonsumsi makanan sehat bisa membantu Anda mengurangi tingkat kolesterol di dalam darah, kolesterol memang bukan lagi menjadi masalah bagi orang tua, namun di usia yang muda, seseorang juga dapat menderita penyakit ini. Penyebabnya pun beragam, salah satunya ialah tidak pernah mengkonsumsi makanan yang sehat. Banyak orang yang mengkonsumsi makanan cepat saji bisa meningkatkan kadar kolesterol. Bila kolesterol sudah bersarang di tubuh, ia akan menyebabkan serangan jantung dan penyakit yang lain. Bila Anda terlanjur menderita kolesterol yang tinggi, Anda harus mengubah kebiasaan Anda dan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat.

Untuk menurunkan tingkat kolesterol di darah Anda, Anda memerlukan makanan yang sehat dan dapat menurunkan kolesterol. Ada beberapa makanan yang baik untuk Anda konsumsi.

Pertama, makanan yang memiliki kandungan kacang kedelai. Anda bisa memilih pudding kedelai yang rendah gula, dan tahu, makanan yang mengandung protein ini bisa mengurangi kolesterol Anda di dalam darah. Dengan mengkonsumsinya sebanyak 0,5 gram dalam satu hari dapat mengurangi kolesterol Anda hingga 6%.

Kedua, Makanan sehat yang kedua ialah sayuran dan buah. Tidak perlu meragukannya lagi bila Anda ingin memiliki tubuh yang sehat, lebih baik Anda mengkonsumsi buah dan sayuran yang lebih banyak. Buah dan sayuran ini adalah makanan dengan lemak jenuh rendah.

Saat Anda mengkonsumsi sayuran ini lebih banyak, Anda bisa merasa kenyang sehingga akan mengurangi mengkonsumsi berbagai makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh. Untuk makanan yang tinggi kandungan serat, Anda bisa memilih brokoli, pear, ubi, apel dan strawberry. Buah lainnya seperti alpukat. Alpukat merupakan buah yang kaya dengan kandungan lemak tak jenuh. Saat menggunakan alpukat untuk menurunkan kolesterol, konsumsi alpukat dalam bentuk buah.

Baca Juuga  Cara Mudah Membuat Nasi Bebek yang Lezat

Ketiga, oat. Mengkonsumsi oat lebih banyak akan mengikat kolesterol di dalam usus serta mencegahnya terserap oleh tubuh. Hal ini dapat terjadi karena makanan ini memiliki kandungan serat yang disebut dengan beta glukan. Mengkonsumsi oat sebanyak beberapa gram dalam sehari bisa mengurangi kolesterol di tubuh. Selain makanan ini, Anda juga bisa memilih kacang merah dan menjadikan bubur oat sebagai sarapan pagi. Campurkan dengan pisang untuk menambah serat di dalam makanan Anda.

Keempat, ikan dan omega 3. Anda juga boleh mengkonsumsi ikan. Ikan yang dapat Anda pilih seperti makarel, sardine, tuna yang memiliki kandungan omega 3 yang begitu baik untuk menurunkan tekanan darah. Omega 3 sebenarnya memang tidak memiliki pengaruh pada kadar kolesterol jahat, akan tetapi ia bisa menurunkan resiko terbentuknya pembekuan darah. Anda bisa mengkonsumsi 2 hingga 3 kali di dalam seminggu. Omega 3 bisa mengurangi kemungkinan munculnya serangan jantung serta detak jantung yang tidak beraturan.

Terakhir, makanan dengan kandungan sterol. Fungsi dari makanan ini ialah menghalangi tubuh agar tidak menyerap kolesterol secara berlebihan. Makanan yang memiliki kandungan sterol ini seperti kacang-kacangan, sayuran, buah, kelapa sawit. Minyak kelapa sawit merupakan minyak nabati yang kaya dengan kandungan lemak jenuh.

Setiap makanan sehat yang berada di atas memang memberikan manfaat tersendiri. Akan tetapi adanya perubahan gaya hidup juga sangat membantu untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. Tentunya selain mengkonsumsi makanan, Anda harus melakukan olahraga secara teratur agar bisa menjaga berat badan tetap ideal. Akan tetapi, bila Anda sudah menjalani segala pola hidup sehat dan hasilnya tetap kolesterol tinggi, lebih baik Anda memeriksakan diri ke dokter.

Leave a Reply