IBX5836EC9B0E5EF

Cara Praktis Membuat Konten Berkualitas

Assalammualaikum gaes, hari ini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang bagaimana membuat artikel yang bermanfaat. Oh iya, sebelum kamu menulis sebuah artikel terlebih dahulu kamu harus memahami tentang artikel bermanfaat dulu ya.

Artikel yang bermanfaat adalah sebuah artikel yang dapat dibaca orang lain dan bisa dijadikan referensi untuk orang lain. Artikel dapat bermanfaat jika ada memenuhi beberapa standar yang harus dipenuhi.

1. Minimal 500 Kata

Kenapa harus 500 kata? Karena untuk sebuah artikel yang bagus itu harus dapat membuat orang lain nyaman dan betah pada saat membaca artikel yang kamu buat. Misalnya kamu menulis hanya 200-300 kata saja, maka orang yang membaca pun akan sebentar membaca artikel itu. Ketika orang yang membaca artikel kamu tidak sampai 1 menit maka bounce rate di dalam website kamu akan buruk.

Maka, untuk antisipasi sebaiknya buatlah artikel setidaknya 500 kata agar para pembaca dapat betah di dalam artikel yang kamu buat.

2. Menggunakan Minimal 2 Gambar

Gambar adalah salah satu faktor yang membuat orang lain suka dengan artikel yang kamu buat. Karena gambar dapat mencerminkan apa sih pembahasan di dalam artikel yang saat ini kita buat. Untuk memilih gambar yang bagus juga ada trik nya. Jangan asal-asalan jika memilih gambar karena kualitas gambar juga menentukan betah atau tidaknya pembaca dalam menjelajahi artikel yang kamu buat.

Cara Mencari Gambar yang Bagus

1. Cari Kata Kunci Gambar yang Ingin Kamu Buat

Contohnya kata kunci “bunga”

2. Translate ke Bahasa Inggris

Dalam setiap pencarian gambar usahakan gunakan kata kunci bahasa Inggris, karena biasanya gambar-gambar dari website yang bahasa Inggris memiliki gambar yang resolusi yang sangat bagus dibanding kata kunci bahasa Indonesia. Contohnya kata kunci “bunga”=”flower

Baca Juuga  Ternyata Anak yang Sering Dipeluk oleh Sang Ayah Dapat Menjadi Pribadi yang Tangguh

3. Masukkan ke Google Image

Setelah kamu tau kata kunci bahasa Inggris-nya barulah kamu cari ke google image.

4. Filter Gambar yang Diinginkan

Biasanya saya menggunakan gambar yang mempunyai resolusi yang besar. Terlebih dahulu saya filter ukuran gambar yang saya inginkan dengan cara seperti ini.

  1. Masukkan Kata Kunci
  2. Klik Search Tools
  3. Pilih Size
  4. Klik Larger than
  5. Pilih 800×600

Gambar 1

Setelah itu baru deh cari gambar yang benar-benar pas untuk artikel yang kamu buat.

3. Menggunakan H3 dan H4

Penggunaan H3 dan H4 berguna untuk membantu dalam menjelaskan sub judul yang ada di dalam artikel yang kamu buat. Agar para pembaca dapat paham apa saja yang kamu bahas di dalam artikel tersebut.

Contoh H3 dan H4

H3

Lalu bagaimana cara membuat H3 dan H4

Kamu dapat memanfaatkan H3 dan H4 dengan mengklik bar yang ada di dashboard penulisan seperti di bawah ini.

H4

Cukup jelas ya bagaimana membuat H3 dan H4.

4. Internal Linking

Internal linking adalah suatu link yang ada di dalam suatu konten, namun link ini masih dalam satu website. Tujuan dari internal link ini adalah untuk mengarahkan satu konten ke konten yang lain masih dalam website yang sama. Dalam pembuatan internal linking sebaiknya menggunakan anchor text. Anchor text adalah sebuah text yang berisi link yang berfungsi mengarahkan ke halaman atau konten tertentu dalam satu website maupun ke website lain.

5. Kata Kunci Berada di URL

Sebaiknya dalam membuat suatu artikel dan menembak kata kunci tertentu kamu gunakan kata kunci tersebut di dalam URL juga. Gunanya untuk memudahkan robot google dalam meng-index artikel yang kamu buat contohnya seperti ini.

Baca Juuga  Bersyukur Akan Nikmat Waktu

URL

Mungkin ini dulu yang bisa saya sharingkan kepada teman-teman semoga bermanfaat ya. Selamat membuat konten berkualitas. 🙂

Leave a Reply