IBX5836EC9B0E5EF

Inilah Resep dan Cara Membuat Coklat Praline yang Enak

Coklat adalah makanan yang sangat mendunia, karena hampir di setiap wilayah didunia mengenal dan mengonsumsi coklat. Konsumennya pun tak terbatas usianya mulai dari yang anak-anak, remaja, sampai orang dewasa pun menyukai coklat. Coklat berasal dari biji kakao yang konon katanya pertama kali dikonsumsi oleh orang Mesoamerika kuno dan disajikan dalam bentuk minuman.

Coklat juga pernah menjadi barang yang mewah, bahkan digunakan sebagai mata uang. Namun sekarang, coklat dapat ditemukan dimana saja dengan harga yang bervariasi. Nah, apakah kamu termasuk penggemar coklat? Bila iya, maka kamu perlu menyimak sedikit informasi tentang coklat berikut ini:

Manfaat Coklat

Coklat juga dipercaya banyak mengandung manfaat untuk meningkatkan mood kita ketika sedang tidak nyaman dengan suasan hati. Coklat juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Zat antioksidan yang terkandung dalam coklat dapat memperlambat proses penuaan dan mempercepat proses regenerasi sel-sel yang telah mati, sehingga mencegah radikal bebas di dalam tubuh kamu. Coklat seringkali menjadi olahan yang mudah dicampur dengan gula, sehingga dapat dijadikan makanan pengganjal perut saat kamu lapar. Coklat juga diyakini oleh kebanyakan orang dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit. Industri kecantikan modern seringkali memanfaatkan coklat untuk lulur dan sabun.

Pengolahan Coklat

Sebelum membahan langkah demi langkah untuk membuat coklat praline, sebaiknya kamu ketahui dulu bahan baku untuk membuat praline. Coklat praline atau coklat cetak terbuat dari coklat batangan yang dilelehkan dan dituang kedalam catakan kemudian didinginkan.

Coklat batangan yang ada dipasaran ada 2 macam, yaitu coklat compound dan coklat corverture. Perbedaan keduanya ialah pada coklat compound, kandungan lemak coklatnya lebih sedikit dibandingkan dengan coklat corverture yang kadar lemak coklatnya tinggi. Harganya pun juga jauh berbeda, bila 1 kg coklat compound dihargai Rp.36.000 maka untuk coklat corverture mencapai Rp.88.000. Dari segi rasa, banyak orang mengakui bahwa coklat corverture lebih enak, karena lebih banyak lemak dan lebih legit pula rasa coklatnya. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Baca Juuga  50 Makanan Khas Indonesia

Alat dan Bahan

  • Dark coklat rendah lemak
  • Pewarna makanan atau pasta pewarna
  • Cetakan silikon atau cetakan es batu

Cara Membuat Coklat

  1. Cincang coklat batangan menjadi potongan tipis-tipis dan kecil-kecil agar mudah untuk dilelehkan.
  2. Lelehkan hingga menjadi cair secara merata, dengan menggunakan mangkuk stainless yang ditaruh didalam panci tim. Usahakan agar permukaan mangkuk stainless tidak terkena air mendidih.
  3. Jika sudah terlihat mencair rata dapat kamu tambahkan dengan pewarna makan untuk mempercantik penampilan coklat, lalu kamu aduk hingga merata
  4. Isian seperti kacang tanah sangrai, kacang mede, kurma, selai blueberry atau kreasikan dengan taburan kacang almond, wijen atau trimit sesuaikan dengan selara kamu.
  5. Tuangkan dalam cetakan serta dinginkan di dalam kulkas agar mengering secara merata.
  6. Tunggu hingga mengering dan coklat bisa dilepas dengan mudah dari cetakan.
  7. Tata coklat dalam sebuah toples atau wadah tertutup lain.

Kreasikan sendiri olahan dan bentuk coklat yang kamu sukai dirumah. Semakin sering berkreasi dan melihat contoh-contoh kreasi lain, tentunya kamu akan semakin menambah kreasi dalam membuat coklat. Nah, saran saya jika kamu membuat coklat gunakanlah bahan-bahan yang bersih dan terjaga kualitasnya. Jika kamu menjaga itu semua maka makanan yang kamu buat akan membawa kebagian kepada orang lain. Selamat mencoba.

Leave a Reply