Inilah Macam Macam Seni Rupa yang Harus Kamu Pelajari

Seni rupa murni (pare/fine art) adalah seni rupa yang tidak memperhatikan unsur praktis. Karya seni ini diciptakan khusus berdasarkan kreatifitas dan ekspresi pribadi dari seorang seniman.

1. Naturalisme

wisnujadmika.files.wordpress.com
wisnujadmika.files.wordpress.com

Naturalisme merupakan corak atau mengambarkan sesuatu obyek susuai dengan alam (nature). Obyek yang digambarkan seperti mata melihat. Untuk memberikan pengalaman yang berkesan diusahakan bentuknya perisis, ini artinya proporsi, keseimbangan (balance), perspektif, pewarnaan dan yang lainnya diushakan semirip mungkin sesuai mata kita memandang.

Tokoh: 1. Rembrant 2. William Hogart 3. Frans Hall

2. Realisme

kunstblik.files.wordpress.com
kunstblik.files.wordpress.com

Realisme merupakan corak seni yang menggambarkan kenyataan yang ada di kehidupan nyata. Ditekankan bukanlah sebuah objek melainkan suasan dari kenyataan tersebut.

Tokoh: 1. Gustove Corbert 2. Fransico de Goya 3. Honore Daunier

3. Romantisme

hasrianisyamsul.blogspot.com
hasrianisyamsul.blogspot.com

Romantisme merupakan corak seni rupa yang berusaha menggambarkan hal-hal yang fantastis, irrasional, indah dan absurd. Seni ini menggambarkan cerita-cerita romantis tentang tragedi yang besifat dramatis biasanya ditampilkan dalam cerita roma. Penggambaran obyeknya lebih sedikit dari realita kenyataan kehidupan, warna yang lebih hidup, gerakan yang lebih gesit, pria yang gagah dan wanita yang lembut.

Tokoh: 1. Theobore 2. Gerriwult 3. Raden Saleh

4. Impressionisme

sites.google.com
sites.google.com

Immpressionisme merupakan corak seni yang lahir pada tahun 1874. Seni ini mengutamakan kesan selintas dari suatu obyak yang dilukiskan. Dengan bantuan sinar matahari kesan itu didapatkan yang langsung merefleksi ke mata mereka. Karena perputaran matahari dari timur kebarat merkea melukis dengan cepat, tidak heran jika lukisan impressionisme obyek yang dihasilkan agar kabur dan tidak mendetail.

Tokoh: 1.  Claude Monet 2. Aguste Renoir 3. Casmile Pissaro 4. Edward Degas

5. Ekspresionisme

http://www.jendelasastra.com/
http://www.jendelasastra.com/

Ekspresionisme adalah seni yang mengutaman curahan batin secara bebas. Bebas dalam artian menggali dari dunia batin, imajinasi dan perasaan. Obyek yang di gambarkan antara lain ialah ketakutan, kekerasan, kemiskinan, kesedihan dan keinginan yang terpendam dibalik tingkah laku manusia.

Tokoh: 1. Vincent Van Cogh 2. Paul Gaugiuin 3. Ernast Ludwing 4. Karl Schmidt

6. Kubisme

masterbama.blogspot.com
masterbama.blogspot.com

Pada tahun 1907 lahirlah seni Kubisme pada saat pameran retpektif Cezanne. Seni ini menggambarkan alam dengan bentuk-bentuk geometris dan kotak-kotak. Dalam seni ini bukanlah peniruan alam tapi penempatan bentuk-bentuk geometris dari seniman kepada alam.

Tokoh: 1. Gezanne 2. Pablo Picasso 3. Metzinger 4. Braque 5. Albert Glazes

7. Fauvisme

janicalewinsky.wordpress.com
janicalewinsky.wordpress.com

Pada abad ke-20 muncullah pelukis muda yang dijuluki Fauvisme. Ciri khas dari seni lukisannya ialah warnanya yang liar. Des Fauves dalam bahasa Perancis berarti binatang liar. Karena warna-warna yang dihasilkan oleh pelukis muda itu terlihat liar maka dari itulah seorang kritikus Perancis Louis Vauxelles dilontarkan dengan nama Fauvisme.

Tokoh: 1. Henry Matisse 2. Andre Dirrain 3. Maurice de Vlamink

8. Dadaisme

masterbama.blogspot.com
masterbama.blogspot.com

Dadaisme lahir karena berkecamuknya Perang Dunia I. Sifatnya dikatakan anti seni, anti perasaan dan cenderung kearah kekasaran dan kekerasan. Karnyanya juga aneh seperti mengkopy lukisan Monalisa diberi kumis, tempat kencing diberi judul dan dipamerkan.

Tokoh: 1. Juan Gross 2. Max Ernst 3. Hans Arp 4. Marcel Duchamp

9. Futurisme

sunnaholomihalakrispen.wordpress.com
sunnaholomihalakrispen.wordpress.com

Pada tahun 1909 lahirlah sebuah seni Futurisme. Seni ini mengatakan keindahan gerak dan dipandang sebagai pendobrak seni Kubisme yang dianggap statis dalam komposisinya, garis dan pewarnaan.

Tokoh: 1. Umberto 2. Boccioni 3. Carlo Cara 4. Severini

10. Surrealisme

senirupasmasa.wordpress.com
senirupasmasa.wordpress.com

Surrealisme pada awalnya adalah gerakan dalam sastra yang ditemukan oleh Apollinaire untuk menyebut dramaya. Pada tahun 1024 dipakai oleh Andre Bizton untuk menyebutkan corak dalam seni lukis. Dalam kreativitasnya corak surrealis berusaha membebaskan diri dari control kesadaran yang menghendaki kebebasan. Selanjutnya ada kecenderungan menuju realistis tapi masih dalam hubungan-hubungan yang aneh.

Tokoh: 1. Joan Miro 2. Salvador Dali 3. Andre Masson

11. Pop Art

masterbama.blogspot.com
masterbama.blogspot.com

Seni Pop atau Pop Art yang bermula berkembang di Amerika pada tahun 1956. Nama asli dari Pop Art ini adalah popular images. Munculnya seni ini dikarenakan kejenuhan dengan seni tanpa obyek dan mengingatkan kita akan keadaan sekeliling yang telah lama dilupakan. Dalam pengambilan obyeknya tidak milih-milih apa yang merekai jumpai dijadikan obyek. Bahkan bisa saja mereka sepasang sendal lalu disandarkan diatas rongsokan meja kemudian diatur sedemikian rupa dan akhirnya dipamerkan. Hasil dari karya seni ini menampilakan suasana karikaturis, humor dan apa adanya.

Tokoh: 1. Tom Wasselman 2. George Segal 3. Yoseph Benys

12. Post Modern

http://www.commondreams.org/
http://www.commondreams.org/

Pada tahun 1970 dikenalkanlah seni Modern (Kontemporer). Seni yang tidak terikat dengan ketentuan zaman dulu dan seni ini akan berkembang sesuai zaman sekarang. Karya yang dihasilkan juga secara tematik merefleksikan situasi waktu yang sedang dilalui.

Tokoh: 1. Sprinka 2. Jim Supankat 3. Nyoman Nuarta

13. Konstruktivisme

artkimianto.blogspot.com
artkimianto.blogspot.com

Pergerankan didalam seni dan arsitektur pertama kali dilakukan di Moscow pada tahun 1915.

Tokoh: 1. Naum Gabo 2. Laszlo Moholy-nagy 3. Victor Pasmore

14. Neo-Klasik

http://es.wahooart.com/
http://es.wahooart.com/

Seni ini telah hadir pada saat pecahnya revolusi Perancis. Seni ini bersifat rasional, obyektif dan klasik serta digunakan untuk mendidik.

Tokoh: Jean Auguast Ingres

15. Abstraksionisme

http://artbyabstraction.com/
http://artbyabstraction.com/

Seni abstraksionisme ialah seni yang berupaya melepaskan diri dari sensai-sensai figuratif suatu obyek

Tokoh: 1. Wassily Kadinsky 2. Naum Goba

1 thought on “Inilah Macam Macam Seni Rupa yang Harus Kamu Pelajari

  1. itu macam-macam aliran dari seni lukis bro, bukan macam-macam seni rupa, kalau macam-macam seni rupa: seni lukis, seni patung, desain grafis , desain interior, seni grafis, seni kriya dll.

Leave a Comment