Inilah Jenis Buah-Buahan yang Bagus Untuk Anak

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber alamnya, termasuk hasil buah-buahan didalamnya. Sayangnya, masyarakat Indonesia masih minim dalam hal mengkonsumsi buah-buahan jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Padahal jika boleh dikatakan buah-buahan mengandung berbagai vitamin dan mineral yang nyaris lengkap yang diperlukan oleh tubuh. Sebut saja . Vitamin A, Vitamin C, vitamin E, B, Sinc, Kalium dan berbagai mineral lainnya. Itu sebabnya pemberian buah disarankan untuk dikenalkan sedini mungkin. Yakni, selepas pemberian ASI eksklusif 6 bulan pada bayi. Berikut ini beberapa buah yang baik untuk dikonsumsi bayi, yakni

Pisang

Buah pisang menjadi salah satu buah favorit bayi untuk dikonsumsi. Teksturnya yang lembut menjadikan buah ini mudah untuk di lumat oleh bayi. Kandungan Vitamin A, Vitamin C, Magnesium, Kalium, Selenium, Mineral, serat B2, B6, Zat Besi yang terdapat pada buah pisang, sangat dibutuhkan bagi perkembangan bayi.

Untuk pemberian buah pisang pada bayi, sebaiknya diberikan 1 buah / hari dan tidak lebih. Jika Bunda terlalu banyak memberikan buah pisang pada bayi akan berakibat sembelit. Di Indonesia, buah pisang sangat mudah ditemui serta harga yang relative murah. Bunda, pastikan membeli buah pisang dengan kualitas baik dan matang ya.

Pepaya

Untuk Bunda yang telah memiliki bayi diatas 7 bulan, bisa memberikan alternative buah lain selain pisang, yakni buah Pepaya. Kaya akan kandungan vitamin A, B1, B2, vitamin C, dan vitamin E, buah tropis berbentuk lonjong ini sangat baik untuk kulit. Selain itu, segudang manfaat lainnya dari buah tropis berbentuk lonjong ini, yakni kandungan serat dan kandungan enzim papin yang sangat bagus untuk percernaan bayi.

Buah pepaya mengandung Vitamin A lebih banyak daripada wortel, dan Vitamin C yang lebih banyak daripada buah jeruk. Tidak hanya itu, buah papaya juga bermanfaat untuk mengatasi masalah sembelit pada bayi. Di tanah air sendiri, buah ini sangat mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau. Bunda, pilih buah pepaya yang matang dengan tekstur yang lembut, ber warna orange-kemerahan serta rasa yang manis.

Pir

Selain buah pisang dan pepaya, buah Pir juga sangat baik untuk bayi karena rasanya yang manis. Kandungan vitamin yang terkandung di dalamnya pun tidak kalah dengan buah lainnya. Seperti halnya Vitamin A, B, C, Kalium, Kalsium, serta kandungan gula fruktosa dan glukosa.

Buah Pir juga termasuk buah yang rendah akan kandungan sodium dan tidak mengandung lemak jahat. Buah ini juga bermanfaat untuk mengatasi sembelit pada bayi. Untuk penyajianya, Bunda bisa mengkukus buah pir hingga lunak atau memblendernya hingga lunak.

Apel

Dengan warna yang merah menggoda, buah Apel sangat baik untuk diberikan kepada bayi. Berbagai kandungan Vitamin, serta zat penting lainnya terdapat dalam buah ini. Seperti halnya Vitamin A, C, E, Folat, Mineral Kalium, Kalsium dan lainya. Buah ini dapat diberikan kepada bayi usia 6 bulan ke atas. Buah ini dapat diberikan dalam bentuk sajian jus atau potongan-potongan buah yang kecil. Untuk penyajianya,terlebih dulu Bunda mengupas kulitnya dan memotongnya kecil-kecil. Blender hingga lunak.

Alpukat

Buah yang menjadi rekomendasi Bunda untuk si kecil yakni buah Alpukat. Dengan tekstur buah yang lembut dan rasa yang enak, bisa menjadi pilihan sebagai MPASI. Buah ini kaya akan nutrisi dan vitamin.

Buah Alpukat mengandung asam folat, Vitamin A untuk mata, Vitamin E untuk kulit, Niasin, Vitamin B, Zat Besi, Serat, Kalium, Fosfor dan lainya. Kandungan lain yang tak kalah bagus yakni, Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang bagus untuk pertumbuhan sel otak bayi. Alpukat dapat diberikan kepada bayi mulai usia 6 bulan ke atas dengan cara dihaluskan atau dicampur dengan jenis buah lainnya seperti pir, pisang, lalu ditambah sedikit susu.

Jeruk Baby

Terakhir buah yang menjadi pilihan Bunda untuk si kecil yakni buah Jeruk Baby. Dinamakan jeruk baby, karena rasanya manis, tidak asam sehingga aman untuk dikonsumsi bayi. Untuk ukuran, buah ini memiliki ukuran yang sama dengan jeruk lainnya. Untuk penyajianya Bunda dapat mencuci terlebih dahulu hingga bersih, kupas lalu peras dan saring airnya.

Leave a Comment