Inilah Cara Membuat Manisan Mangga

Rasa mangga matang yang lebih dominan manis daripada asam memang memikat lidah banyak orang. tidak heran jika kemudian konsumsi mangga matang akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan angka konsumsi mangga muda karena rasanya yang asam.

Sebenrnya tidak hanya mangga muda saja yang masam, ada beberapa jenis mangga yang sampai mangkal pun masih terasa asam di lidah. Biasanya mangga jenis ini dihindari karena memang kurang nikmat dan segar.

Apakah kamu termasuk kedalam orang-orang tersebut? Jika iya, mulailah beajar membuat penganan dari mangga muda agar lebih nikmat di lidah. Salah satu yang harus kamu coba adalah manisan mangga muda. Manisan yang satu ini selain nikmak dijadikan cemilan juga cocok dijadikan sajian saat lebaran dan hari spesial lainnya.

Bahan

Untuk membuat manisan mangga muda sebenarnya sangat mudah. Bahan yang digunakan juga cukup mudah didapatkan.

  • Mangga muda sebanyak 1 kilogram. Rekomendasi jenis mangga terbaik untuk dijadikan manisan adalah mangga Indramayu. Kupas kulitnya dan potong-potong memanjang.
  • Kapus sirih secukupnya.

Bahan Sirup Manisan A

  • Air sebanyak 100ml
  • Gula pasir sebanyak 250 gram
  • Garam sebanyak 1 sendok makan

Bahan Sirup Manisan B

Air sebanyak 500 ml
Gula pasir sebanyak 250 gram

Cara membuat

Setelah semua bahan lengkap, saat meracik mnisan mangga muda. Adapun langkah demi langkahnya sebagai berikut:

  1. Buah mangga yang telah di potong-potong memanjang direndam di dalam air yang telah dicampur dengan kapur sirih secukupnya.
  2. Diamkan selama 40 menit. Setelah itu tiriskan dan cuci bersih agar kapur sirih hilang secara sempurna dari mangga. Jika tidak cermat, rasa pahit dan getir kapur sirih akan lengket ke mangga. Setelah bersih, simpan mangga muda di dalam toples kaca. Tutup rapat.
  3. Selanjutnya, siapkan bahan dari sirup manisan A rebus gula pasir tersebut bersama air dan tambahkan garam secukupnya. Terus rebus hingga mendidih. Setelah itu matikan api dan dinginkan air sirup.
  4. Setelah air sirup dingin, tuang ke dalam toples tempat mangga disimpan. Setelah sirup masuk sempurna, tutup rapat toples dan diamkan semalaman penuh.
  5. Besoknya buang air sirup dari dalam toples. Selanjutnya, olah bahan sirup B. Rebus air bersama gula dan kembali dinginkan. Setelah itu masukkan lagi ke dalam toples seperti sirup A. Diamkan selamat 40 menit dengan dimasukkan ke dalam kulkas.

Saat mau disajikan, pisahkan air gula dari mangga. Porsi manisan mangga muda cukup untuk 10 orang. Paling nikmat disajikan sebagai hidangan pembuka ataupun penutup. Sebagai cemilan di sore hari saat bersama keluarga juga tentu menyenangkan. Selamat mencoba.. 😀

Leave a Comment