IBX5836EC9B0E5EF

Inilah Beberapa Makanan Tradisional Khas Sunda

Masih berbicara tentang kuliner, kali ini kamu akan di sajikan dengan kuliner khas Sunda yang amat sangat enak dan lumayan terkenal. Kenapa saya memilih makanan khas Sunda karena sunda itu unik loh, mulai tradisi, budaya, dan kuliner. Masyarakat sunda itu tidak hanya ramah, bersahaja tapi juga makanannya ramah di mulut.

1. Karedok

Lezatnya Karedok

https://rumahsambel.files.wordpress.com

Karedok adalah salah satu makanan khas Indonesia. Karedok di buat dengan bahan-bahan sayuran mentah seperti ketimun, tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan sausnya adalah bumbu kacang di buat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.

2. Tahu Sumedang

Enak nya olahan tahu sumedang jika di nikmati bersama keluarga

http://resepmasakanbaru.com/

Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari olahan tahu khas Sumedang yang biasa di campur dengan olahan cabai, atapun lainya.

3. Perkedel Bondon

Menikmati Enaknya Perkedel Bondon

http://kuliner.panduanwisata.id/

Perkedel kentang yang di masak di atas tungku api, dan bahan bakar untuk menyalakan api mengunakanan kayu atau arang. Mungkin cara memasak yang unik inilah membuat perkedel sangat nikmat disajikan panas-panas. Dengan sambal saja sudah cukup lezat untuk menemani nasi sebagai lauk untuk bersantap.

4. Gepuk

Lezatnya makanan khas sunda

www.pbase.com

Gepuk adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi terasa sedikit manis dan gurih. Biasanya gepuk di buat dari daging sapi, yang diiris searah dengan serat daging, dan direbus setengah matang, dan di pukul hingga agak empuk. Daging yang sudah empuk lalu direndam  kedalam bumbu adonan santan. Kemudian direbus kembali hingga air santan menyusut. Jika ingin disajikan gorenglah terlebih dahulu dengan mengunakan sedikit minyak hingga kecoklatan dan angkat. Gepuk akan lebih terasa nikmat apabila disajikan dengan nasi yang hangat dan sambal yang sangat pedas.

Baca Juuga  Inilah Resep Sederhana Cara Membuat Nasi Liwet Sunda

5. Colenak

Lezatnya menyantap Colenak di siang hari

http://www.menuresepmasakan.com/

Makanan khas sunda berikut ini adalah Colenak atau singkatan dari dicocol enak(Bahasa sunda) makanan yang terbuat dari tape singkong yang di bakar kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah. Karena kandungan di dalam tape mengandung gula maka tape tersebut mudah gosong, meski ini adalah bagian terenak bagi beberapa orang.

6. Nasi Timbel

Apa ada masakan selezat ini di daerah mu?

http://kitabmasakan.com/

Kamu pernah melihat cara pembuatan nasi lontong kurang lebih sama. Nasi Timbel cara memasak nya dengan membungkus nasi panas kedalam daun pisang. Panas dari nasi membuat aroma daun pisang luruh dan menambah aroma pada nasi tersebut. Biasanya nasi timbel disajikan beberapa pilihan lauk-pauk teman nasi seperti ayam, bebek atau merpati goreng, tempe, empal gepuk, jambal roti, sayur asem, lalab, dan sambal.

7. Cireng

Cireng khas Sunda

tokopedia.com

Cireng (singkatan dari aci goreng, bahasa sunda kanji goreng) adalah makananan ringan yang berasal dari daera Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan dasar utamanya tepung kanji. Makanan ini sangat populer di daerah Priangan, dan di jual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Makanan ini cukup terkenal di era 80-an. Bahan makanan ini antara lain adalah tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, daun bawang, dan minyak goreng.

3 Comments

  1. Annas November 1, 2015
  2. ghilad March 10, 2016

Leave a Reply