Beberapa Gambar Ikan dan Cara Ternak Ikan Cupang

Ikan Cupang adalah salah satu ikan hias yang sangat mudah dipelihara. Budidaya ikan cupang juga tidak memerlukan tempat yang besar dan modal yang banyak. Kamu bisa melakukannya sebagai usaha rumahan juga. Ikan cupang (Betta sp.) adalah jenis ikan air tawar dari daerah yang tropis. Ikan ini banyak ditemukan di perairan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Ikan cupang hidupnya secara berkelompok, habitatnya tersebar di rawa-rawa, danau dan sungai yang memiliki arus yang tenang.

Daya tahan ikan cupang menjadikannya istimewa, karena ikan cupang juga sanggaup hidup yang di lingkungan air yang kurang oksigen. Karena di dalam tubuh ikan cupang terdapat rongga labirin seperti paru-paru manusia yang membuatnya dapat beratahan hidup pada lingkungan yang minim oksigen.ย Ikan cupang bisa dipelihara di dalam toples kecil tanpa menggunakan aerator.

Jenis – Jenis Ikan Cupang

1. Halfmon

http://ramonaosche.com/
http://ramonaosche.com/
ramonaosche.com
ramonaosche.com
www.aquaticplantcentral.com
www.aquaticplantcentral.com
http://www.bettafish.com/
http://www.bettafish.com/

Jenis ikan halfmoon ini memiliki sirip dan ekor yang seolah tampak menyatu dan membentuk setengah lingkaran. Jika dilihat dari sebelah samping, sirip ikan halfmoon akan tampak seperti bulan sebelah. Ikan halfmoon sangat disukai oleh para pembudidaya karena keindahannya. Jenis ikan ini terdapat banyak sekalian varian warna yang sangat beragam baik itu dari merah menyala, kuninga dan varian warna lainnya.

2. Laga (Plakat)

http://whimsicalhomeandgarden.com/
http://whimsicalhomeandgarden.com/
mykingdomforafish.wordpress.com
mykingdomforafish.wordpress.com
http://thefishdoctor.co.uk/
http://thefishdoctor.co.uk/

Nama plakat berasal dari istilah di Thailand yang berarti petarung atau laga. Sesuai dengan namanya, ikan jenis ini biasa digunakan untuk cupang aduan. Nah, di negara Thailand sendiri sudah memiliki tradisi adu cupang yang melegenda.

Jenis cupang ini memiliki sirip yang pendek tidak menjumbai seperti Cupang Serit dan Halfmoon. Karena sirip yang pendek dapat memeberikan kesan kokoh dan kekar. Gerakan ikan cupang plakat juga terlalu angguna namun terlihat sanggar.

3. Serit (crown tail)

http://www.adweek.com/
http://www.adweek.com/
http://www.bettafish.biz/
http://www.bettafish.biz/
http://thefisheybusiness.co.uk/
http://thefisheybusiness.co.uk/
deviantart.net
deviantart.net

Indonesia harus berbangga hati, karena ikan cupang serit dilahirkan oleh para breeder dari daerah Slipi, Jakarta. Cupang serti bisa dikenal dunia karena varias keindahan yang dimilikinya. Ikan cupang jenis ini disebut crown tail ataua ekor mahkota, karena jika dibalik menghadap ke atas serit-serit pada ekornya terlihat seperti mahkota raja.

Jenis ikan cupang ini banyak sekali variannya, ada yang seritnya tunggal, dimana dalam setiap seritnya hanya terdapat satu tulang sirip. Ada juga yang memiliki serit dua atau serit ganda. Jenis ikan cupang ini sudah diakui dunia karena keindahannya dan sudah dipertandingkan di International Betta Congress (IBC)

4. Giant Betta

http://www.fishlore.com/
http://www.fishlore.com/
http://www.leebunbetta.com/
http://www.leebunbetta.com/
http://www.fishlore.com/
http://www.fishlore.com/

Ikan cupang raksasa yang berhasil dikembangkan oleh breeder dari Thailand. Ukuran terbesar dari ikan cupang jenis ini adalah 12 cm, jauh lebih besar dari jenis ikan cupang lainnya. Banyak jenis ikan cupang giant yang dikembangkan dari cupang plakat yang disilangkan dengan cupang lainnya. Sekarang ini, banyak terdapat jenis ikan cupang raksasa, diantaranya halfmoon giant, double tail giant dan crown tail giant.

5. Cagak (double tail)

http://www.fishlore.com/
http://www.fishlore.com/
rockymountainmisc.com/
rockymountainmisc.com/
nicebetta.blogspot.com
nicebetta.blogspot.com

Ikan cupang ini disebut double tail dikarenakan bagian ekornya terbelah dua, seperti bercagak dua. Jenis cupang ini sangat sulit dikembangkan. Karena itulah keberadaannya masih susah dijumpai di pasaran.

6. Cupang Liar

www.bettafish.com
www.bettafish.com
http://www.skepticalaquarist.com/
http://www.skepticalaquarist.com/
flickr.com
flickr.com

Jenis cupang liar adalah jenis cupang asli dari alam dan belum pernah dilakukan penyilangan dan rekayasa genetika. Ikan jenis ini hidupnya biasa di rawa, selokan dan sawah. Namun, ada juga cupang langka dari jenis ini dan harganya pun sangat tinggi.

7. Veiltail

imgur.com
imgur.com
http://thefishdoctor.co.uk/
http://thefishdoctor.co.uk/
photobucket.com
photobucket.com

Dulunya jenis ikan cupang ini sangat populer dikarenakan mudah untuk didapat. Namun, dengan banyaknya jenis ikan cupang yang baru bermunculan, jenis ikan ini semakin meredup kepopulerannya.

Baca juga: Gambar Kucing Lucu

Cara Ternak Ikan Cupang

Memilih Indukan Ikan Cupang

Bagi kamu yang ingin memulai budidaya ikan cupang, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan indukan atau bibit berkualitas. Indukan yang berkualitas harus berasal dari keturunan unggul, kondisinya bugar, bebas penyakit dan cacat bawaan. Simpan indukan jantan dan betina di tempat yang terpisah.

Sebelum kamu melakukan proses pemijahan, pastikan indukan jantan dan betina sudah dalam fase matang gonad atau sudah siap dikawinkan. Nah, ada beberapa ciri-ciri indukan yang sudah siap dikawinkan.

Cupang Jantan:

  • Umurnya kurang lebih 4-8 bulan
  • Memiliki bentuk badan yang panjang
  • Warnanya terang atraktif dan siripnya panjang
  • Gerakannya lincah dan agresif

Cupang Betina:

  • Umurnya kurang lebih 3-4 bulan
  • Memiliki bentuk badan membulat, dibagian perut sedikit buncit
  • Warnanya kusam tidak menarik dan siripnya pendek
  • Gerakannya lambat.

Cara Membedakan CupangJantan dan Betina

Jantan: Gerakannya lincah, sirip dan ekornya lebar, memiliki warnanya cerah, tubuhnya lebih besar daripada betina. Betina: Gerakannya lebih lamban, sirip dan ekor lebih pendek, warnanya kusam, tubuhnya lebih kecil.

Pemijahan Ikan Cupang

http://www.reef2rainforest.com/
http://www.reef2rainforest.com/

Setelah indukan jantan dan indukan betina siap untuk memijah, sediakan tempat berupa baskom plastik atau akuarium kecil dengan ukuran 20x20x20 cm. Kamu juga harus siapkan gelas plastik untuk tempat ikan cupang betina dan tumbuhan air seperti kayambang.

Pada satu kali perkawinan, ikan cupang dapat menghasilkan hingg 1000 butir telur. Telur tersebut menetas dalam kurun waktu 24 jam setelah pembuahan. Tingkat kematian dalam pembenihan ikan cupang sangat tinggi, biasanya dalam satu kawin biasanya hanya dapat dipanen hingga 30-50 ikan cupang hidup.

Indukan jantan bisa dikawinkan hingga 8 kali saja denga interval waktu 2-3 minggu. Sedangkan indunkan betina hanya boleh dikawinkan satu kali saja. Bila kamu paksakan, pada perkawinan berikutnya akan terjadi suatu penurunan keberagaman jenis kelamin. Dimana anakan ikan akan didominasi oleh kelamin betina.

Langkah-langkah pemijahan ikan cupang

  1. Gunakanlah isi tempat pemijahan dengan air bersih kurang lebih setinggi 10-15 cm. Sebainya gunakan air tanah atau air sungai jenir. Endapkan terlebih dahulu air yang akan kamu pakai setidaknya selama satu malam. Hindari penggunaan air dalam kemasan atau air PAM yang memiliki bau kaporit.
  2. Tambahkanlah tanaman air ke dalam wadah tersebut, sebagai tempat burayak berlindung. Namun, penempatan tanaman air jangan terlalu padat. Karena tanaman air sangat berpotensi mengambil oksigen terlarut yang ada pada air.
  3. Masukan ikan cupang jantan yang telah siap kawin. Biarkan ikan selama satu hari dalam wadah. Ikan cupang jantan akan membuat gelembung-gelembung udara. Hal ini berguna untuk menyimpan telur yang telah dibuahi. Untuk memancing ikan jantan membuat gelembung, masukan ikan cupang betina tapi dipisah. Caranya, ikan betina dimasukkan ke dalam gelas plastik bening dan benamkan ke dalam aquarium dimana ikan jantan berada.
  4. Setelah ikan cupang jantan membuat gelembung, barulah masukkan indukan betina. Waktu yang baik untuk pemijahan ikan cupang sekitar pukul 7-10 pagi atau 4-6 sore. Ikan cupang cukup sensitif pada saat kawin, sebaiknya tutup wadah dengan koran atau letakkan di ruang yang jauh dari hilir mudik orang lewat dan suara bising.
  5. Sesudah terjadinya pembuahan segera angkat indukan betinanya, karena yang bertanggung jawab dan membesarkan serta menjaga burayak adalah cupang jantan. Cupang jantan akan memunguti telur dengan mulutnya yang telah dibuahi dan meletakkan pada gelembung-gelembung tadi. Apabila indukan betina tidak segera diangkat, maka telur-telur yang dibuahi akan dimakan si betina.
  6. Setelah tiga hari sejak telur menetas, berikan kutu air pada burayak. Pemberian pakan secukupnya saja jangan lebih banyak dari burayak karena pakan akan mengotori air dan menyebabkan kematian pada burayak.
  7. Indukan jantan baru bisa kamu ambil setelah berumur sekitar 2 minggu dihitung saat menetas. Pindahkan burayak pada wadah yang lebih besar dan berikan kutu air yang lebih besar atau larva nyamuk.
  8. Saat setelah 1,5 bulan ikan yang sudah dipilah berdasarkan jenis kelaminnya. Kamudian pisahkan ikan-ikan tersebut ke wadah yang lebih besar.

Pakan Ikan Cupang

Pakan yang sering diberikan kepada setiap jenis ikan cupang adalah kutu air, cacing sutera dan larva nyamuk. Pemberian pakan sebaiknya kamu lakukan sesering mungkin, misalnya 3-4 kali sehari. Semakin sering frekuensinya semakin baik. Pemberian pakan lebih baik sedikit-sedikit daripada sering sekaligus banyak. Hal ini dapat mengurangi resiko penumpukan sisa pakan yang bisa mengakibatkan berkembangnya penyakit.

Perawatan Ikan Cupang

Kamu bisa memelihara ikan cupang di dalam akuarium tanpa menggunakan aerator. Ikan ini tahan terhadap kondisi air yang sangat minim akan oksigen. Nah, walaupun begitu tetap disarankan untuk menjaga kualitas air dengan memberinya aerasi dan filter pembersih. Agar ikan bisa berkembang secara sempurna dan selalu dalam keadaan kondisi bugar. Terutama untuk perawatan ikan kontes.

Sebaiknya ketika memelihara lebih dari satu ikan cupang jantan yang telah dewasa berada dalam satu akuarium. Terlebih lagi bila ukuran akuriumnya kecil dan tidak ada tempat untuk berlindung. Ikan-ikan cupang jantan tersebut bisa saling menyerang satu sama lain. Resikonya, sirip-siripnya tidak mulus dan warnanya kurang indah.

Khusus untuk ikan cupang aduan, kamu bisa memasukkannya ke dalam toples kaca kecil. Agar ikan tampak agresif simpanlah ikan di tempat yang gelap. Jangan meletakkan toples ikan secara berdekatan. Karena ikan cupang aduan selalu dalam kondisi siap menyerang dan membenturkan dirinya ke kaca.

Gantilah air dalam wadah secara berkala. Lihat apakah di dalam wadah tersebut ada penumpukan kotoran dan sisa pakan pada dasar wadah. Penumpukan sisa kotoran tersebut bisa menimbulkan suatu penyakit maupun kematian pada ikan cupang karena pencermaran air.

17 thoughts on “Beberapa Gambar Ikan dan Cara Ternak Ikan Cupang

  1. Cara-nya setiap hari dirawat dgn baik mas, setelah itu ajak adu minimal seminggu 2x. Nah, soal menang dan kalah itu tergantung ikannya lagi.

  2. Kak ni knapa ya ikan cupang jantanku makan anak”nya…kn biasanya di masukin mulut setelah itu di keluarkan tpi ini enggak setelah beberapa hari saya lihat anakn ikan cupangnya hilang..solusinya biar anakn nya tetp ada gmn kaaak

Leave a Comment