Anak Mipa Pasti Tahu Dong Fungsi Gelas Ukur Ini

Jika kamu seorang anak Mipa pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Gelas Ukur bukan? Gelas ukur sangat banyak beragam dan bentuknya. Pastinya memiliki banyak fungsi yang berbeda-beda. Gelas ukur kimia yang sering kamu lihat di laboratorium dibagi menjadi tiga kelompok yaitu: sebagai alat ukur, alat tampug dan alat pendukung. Masing-masing gelas ini terdapat fungsi yang berbeda-beda.

Fungsi Masing-masing Alat

  • Alat ukur ialah untuk mengukur atau menentukan jumlah volume zat cair secara benar dan tepat.
  • Alat tampung berguna untuk menampung zat kimia dan tidak bisa digunakan untuk mengukur jumlah zat.
  • Alat pendukung berguna untuk mendukung penggunaan peralatan laboratorium lainnya.

Gelas Ukur

ebayimg.com
ebayimg.com

Gelas ukur ialah peralatan yang berada di laboratorium yang biasanya terbuat dari bahan kaca yang sering digunakan untuk mengukur volume cair. Karena fungsi utamanya adalah mengukur volume zat suatu cairan. Biasanya gelas ukur mempunyai bentuk seperti silinder dengan garis-garis penanda volume dibagian luarnya.

Labu Erlenmeyer

www.etsy.com
www.etsy.com

Labu Erlenmeyer ini biasanya yang sering disebut gelas ukur, oleh kebanyakan orang. Memang benar, labu erlenmeyer juga memiliki pengukur volumenya namun, tentu saja tidak seakurat gelas ukur. Sebenarnya, labu erlenmeyer ini digunakan untuk mencampur larutan-larutan kimia.

Gelas Beaker

amazon.com
amazon.com

Alat laboratorium satu ini memiliki bentuk yang sangat sederhana, silinder dengan sedikit corong dipinggirnya. Pada dasarnya gelas beaker ini digunakan untuk memanaskan, mencampur dan mengaduk larutan zat. Gelas beaker sama seperti Erlenmeyer, pada garis penanda volume yang berada di luar gelas ini tidak seakurat gelas ukur, melainkan hanya estimasi saja.

Labu Volumetrik

etsystatic.com
etsystatic.com

Labu Volumetrik sangat berbeda dengan alat sebelumnya karena labu volumetrik memiliki satu karakteristik yang sangat unik. Alat ini dikalibrasi hanya khusus pada satu ukuran volume saja. Jika labu volumetrik 1 Liter, maka dia hanya memiliki satu garis penanda, yaitu penanda 1 Liter pada suhu ruangan. Labu Volumetrik biasanya digunakan untuk menyimpan larutan zat yang dipakai untuk titrasi, atau larutan standar.

1 thought on “Anak Mipa Pasti Tahu Dong Fungsi Gelas Ukur Ini

Leave a Comment