IBX5836EC9B0E5EF

Ini Dia Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Tanpa Harus Menggeluarkan Banyak Biaya

Komedo adalah salah satu penyumbat pada pori-pori kulit sehingga muncul tonjolan-tonjolan kecil berwarna putih yang biasa disebut dengan whitehead dan yang berwarna hitam dikenal sebagai blackhead. Whitehead dan blackhead ini akan muncul disekitar kulit dan wajah kamu. Ada juga komedo yang berwarna kekuningan. Biasanya komedo akan muncul pada daerah wajah, area hidung dan sekitar mata. Komedo juga dapat berkembang menjadi jerawat, yang dikenal dalam duni kedokteran sebagai papul atau pustule. Komedo biasanya muncul dan berkembang pada saat setelah masa pubertas, dan pada saat kadar hormon yang menghasilkan sebum yang berlebih.

Sebum ini berfungsi untuk melembabkan kulit yang akan menglair keluar dari pori-pori yang terbuka. Terkadang tersumbatnya sebum mengakibatkan penumpukan dan disitulah bakteri mulai berkumpul. Bagi kamu yang mengalami masalah ini jangan khawatir untuk mencari solusinya karena di dalam artikel ini kamu akan diberikan cara menghilangkan komedo secara jelas. Heheh.

Cara ini memang terlihat murahan namun, efek yang dihasilkan oleh khasiatnya mampu untuk menghilangkan komedo yang ada diwajah kamu. Diperlukan tingkat kesabaran yang sangat ekstra untuk melakukan hal ini karena cara ini bukan cara instan dan cepat. Karena dibutuhkan keistiqomahan dalam menjalaninya dan kamu pastinya akan mendapatkan hasil yang maksimaljika telha mempratekkannya.

Penyebab Timbulnya Komedo

Komedo datang oleh sel kulit yangmati dan kelenjar minyak berlebihan pada kulit. Hal ini cenderung terjadi pada orang-orang yang sedang mengalami masa pubertas atau wanita yang mentruasi. Komedo juga bisa disebabkan oleh pemakaian make-up yang berlebihan sehingga kulit menjadi iritasi. Penyebab lain juga yaitu gaya hidup yang kurang sehat, seperti kebanyakan merokok, minum alkohol dan kafein.

Baca juga: Cara Membuat Bunga

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alamai

http://static.phunukieuviet.com/

Cara Menghilangkan Komedo

1. Pepaya

Buah pepaya adalah salah satu buah yang sangat terkenal akan khasiatnya untuk perawatan maupun kecantikan kulit pada wajah. Salah satu keunggulan pepaya adalah untuk mengatasi komedo. Caranya sangat mudah, kamu harus buat masker buah pepaya. Lembutkan potongan buah pepaya hingga tampak seperti bubur, secukupnya saja. Kemudian kamu oleskan pada sekitar wajah yang tampaj terdapat komedo secara merata. Lalu biarkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih. Kamu bisa melakukan hal ini pada saat bangun pagi dan pada saat menjelang tidur..

Baca Juuga  Menggelar Pesta Pernikahan di Rumah? Pastikan 5 Hal Ini Kamu Perhatikan dengan Baik

2. Putih Telor

Khusus untuk hal ini kamu dapat mengambil bagian putih telurnya saja untuk mengatasi masalah komedo pada wajah kamu. Caranya cukup mudah yaitu, namun sebelumnya kamu juga bisa menambahkan madu, dengan membalurkan putih telur pada wajah yang terserang komedo atau hidung kamu secara merata, lalu kamu diamkan hingga mengering, antara 25 – 30 menit. Setelah itu kamu basuh muka dengan menggunakan air hangat.

3. Jus Lemon

Cara menghilangkan komedo selanjutnya bisa menggunakan jus lemon ataupun jeruk nipis. Lemon sangat efektif untuk menghilangkan minyak yang berlebih pada wajah. Caranya cukup mudah, kamu siapkan jus lemon, lalu campurkan dengan minyak almond dan gliserin. Campurkan ketiga bahan tersebut setelah itu haluskan dengan menggunakan blender. Setelah sudah halus kamu bisa oleskan pada area yang berkomedo secara merata, tunggu hingga 10 menit lalu bilas menggunakan air bersih. Cara ini juga sangat ampuh untuk menghilangkan noda-noda dan flek hitam di wajah kamu.

4. Uap Air Panas

Manfaat Uap Air Panas Menhilangkan Komedo

http://olsman-nursing.esquireinteracti.netdna-cdn.com/

Kamu biasa merebus air kan? Coba manfaatkan uap air panasnya untuk menghilangkan komedo kamu. Selain itu cara ini juga sangat efektif lainnya kamu dapat menambahkan sedikit garam pada rebusan air tersebut, kemudian tunggu hingga mendidih, setelah itu kamu uapi wajah atau area yang terserang komedo selama kurang-lebih 5 – 10 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat menutup kepala dengan menggunakan handuk, lalu duduk dan hadapkan wajah kamu di depan air yang panas yang telah ditaruh di baskom. Metode ini juga sangat bagus untuk memperlancar peredaran darah dan merekan penyakit batuk dan flu.

5. Lidah Buaya

Tahukah kamu bahwasanya gel lidah buaya sangat berkhasiat untuk mengatasi komedo kamu. Kamu bisa menyiapkan 1 batang lidah buaya, setelah itu iris menjadi dua bagian. Ambil lendir atau gelnya setelah itu oleskan pada area yang hidung ataupun wajah yang terkena komedo. Lakukan hal ini secara rutin selama 1-2 kali sehari hingga komedo tidak nampak kembali. Jika gel yang dihasilkan oleh batang lidah buayanya kurang kamu juga bisa memblender potongan lidah buaya tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Klepon

6. Kayu Manis

Cinnamon atau biasa dikenal kayu manis sangat dipercaya oleh masyarakat sebagai bahan alami yang dapat menghilangkan komedo sekaligus mencegah komedo untuk datang kembali. Kamu bisa membuat ramuan kayu manis dengan cara mencapurkan 1 sdt kayu manis dengan jus lemon. Kamu juga bisa menambahkan satu genggam bubuk kunyit jika di perlu. Oleskan ramuan kayu manis tadi ke seluruh bagian wajah atau bagian-bagian yang mana menjadi tempat komedo berkumpul. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, setelah itu bilas.

Baca Juuga  Kenapa Ia Begitu Cantik?

7. Baking Soda

Baking soda ternyata dapat menjadi obat yang sangat mujarab untuk menghilangkan komedo dan jerawat. Selainitu juga, baking soda sangat mampu membantu kamu untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang berada di kulit wajah, termasuk pada bagian yang sensitif sekalipun, seperti dagu dan hidung.

Untuk membuat baking soda menjadi obat komedo kamu dapat membuatnya dengan mencamputkan 2 sdt baking soda dengan air hingga menjadi pasta. Setelah itu kamu dapat oleskan campuran tersebut ke area hidung, dagu dan wajah secara keseluruhan. Lakukan hal ini sambil dipijat-pijat. Diamkan kurang lebih selama 10 menit, setelah itu bilas.

8. Kacang Kedelai

Selain digunakan untuk bahan dasar pembuatan tempe kacang kedelai juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan komedo pada wajah kamu. Caranya sangat mudah yakni dengan menjadikan kedelai tersebut sebagai jus, lalu kamu bisa usapkan pada wajah, diamkan beberapa menit setelah itu kamu bilas dengan menggunakan air bersih.

9. Air Garam

Ternyata garam banyak banget fungsinya, selain untuk bumbu dapur garam juga dapat digunakan sebagai penghilangkan komedo. Caranya sangat mudah, kamu harus mencampurkan garam dengan air hangat, setelah itu cuci bagian wajah yang berkomedo dengan air yang sudah dicampur garam tadi. Setelah itu kamu bisa gosok secara perlahan, lalu kembali dicuci dengan air dingin.

Tips Mencegah Timbulnya Komedo

Selain menghilangkan komedo pada wajah, kamu juga harus tahu bagaimana mencegah agar komedo tersebut tidak muncul kembali.

  • Rajin-rajinlah untuk mencuci wajah minimal dua kali sehari dengan menggunakan pembersih minyak ataupun pembersih jerawat.
  • Hindari merokok dan polusi yang berlebihan, gunakanlah masker pada saat kamu keluar rumah.
  • Gunakanlah make-up, lotion dan pembersih wajah yang khusus diperuntukkan untuk wajah yang berminyak.
  • Hapuslah make-up kamu sebelum tidur dengan menggunakan air hangat.
  • Kurangi mengkonsumsi makanan yang berminyak, seperti cokelat, gorengan dan fast food.
  • Konsumsilah makanan yang mengandung beta-karoten.
  • Jangan pernah meremas komedo karena hal itu dapat menyebabkan bakteri menyebar dan dapat menimbulkan komedo baru dan bekas luka.
Baca Juuga  Langsing Tanpa Diet, Bukan Hal yang Mustahil Lagi

Sekian, semoga artikel cara menghilangkan komedo ini dapat kamu praktekkan dalam keseharian kamu. Jika cara-cara di atas kurang maksimal cobalah untuk berkonsultasi pada dokter spesialiskulit di dekat rumah kamu, untuk mendapatkan perawatan selanjutnya. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply