IBX5836EC9B0E5EF

Cara Menggemukan Sapi Brahman

Sapi brahman merupakan sapi keturunan sapi Zebu yang berasal dari kawasan India. Namun, sapi brahman dikembangkan dan diseleksi untuk di ekspor keberbagai negara termasuk Indonesia. Sapi brahman memiliki keistimewaan terutama pada kulitnya dimana sapi ini tahan terhadap gigitan nyamuk serta tahan terhadap panas. Sapi brahman sangat cocok dibudidayakan di Indonesia, salah satu sapi hasil persilangan yaitu sapi brahman cross yang masuk ke Indonesia pada tahun 1973.

Sapi brahman memiliki ciri-ciri mudah dikenali, dimana sapi ini memiliki punduk besar dengan kulit yang longgar, gelambir pada leher besar hingga membentuk lipatan-lipatan, dan memiliki telinga menggantung dan memiliki ujung yang runcing. Sapi brahman merupakan sapi potong yang banyak di budidaya oleh pembudidaya sapi potong di berbagai negara, karena salah satu sapi yang mudah digemukan dan mudah beradaftasi.

Banyak sekali jenis sapi yang dibudidaya terutama untuk usaha sapi potong. Sapi brahman merupakan jenis sapi yang paling banyak dicari oleh pembudidaya, karena jenis sapi ini memiliki ukuran yang besar serta sangat mudah untuk digemukan. Namun, dalam proses penggemukan sapi brahman dibutuhkan keseriusan baik berupa tenaga maupun modal selama proses penggemukan.

Selain sapi brahman ada beberapa jenis sapi yang mudah digemukan yaitu sapi jawa dan juga sapi bali. Metode yang penggemukan sapi yang sering dilakukan adalah metode keraman, metode ini yaitu dengan hanya menaruh sapi didalam kandang dan hanya dengan memberikan pakan. Dengan metode keraman pertumbuhan sapi akan lebih cepat dibandingkan dengan metode angon atau gembala maka sapi akan terus bergerak dan memiliki sedikit lemak sehingga bobot pun kecil.

Sapi brahman sangat mudah sekali digemukan, Anda bisa menggemukan dengan cara merawat dan memberikan pakan di kandang. Pakan sapi brahman sama saja seperti sapi pada umumnya, namun agar pertubuhannya cepat dan memiliki bobot gizi pada pakan pun harus diperhatikan. Selain rutin pemberian pakan, sapi juga harus rutin diberikan vitamin.

Baca Juuga  Alasan Membeli Perlengkapan Bayi Baru Lahir Murah Secara Online

Pemberian Pakan Sapi Brahman

Pemberian pakan sapi brahman agar cepat gemuk harus diberikan olahan pakan sebayak 3 kali sehari pagi, siang, dan sore hari. Olahan pakan konsentrat atau penguat komposisinya antara lain air, garam dapur, dedak padi, telur bebek, ampas tahu atau obat konsentrat khusus sapi. Pakan rumput merupakan pakan wajib maka dari itu rumput harus selalu tersedia di kandang. Jenis rumput yang sering di gunakan untuk pakan meliputi rumput gajah, rumput hijau, terbon dan jerami basah atau kering.

Pemeliharaan Kandang dan Pencegahan Penyakit

Lakukanlah pemeliharaan dan kebersihan kandang sapi minimal satu minggu sekali, hal ini bertujuan agar sapi terhindar dari berbagai macam penyakit. Pembersihan kotoran sapi dilakukan setiap hari agar kandang mudah dibersihkan ketika suatu saat dibersihkan, usahakan pembuangan kotoran sapi sudah disediakan dikandang. Selain rutin membersihkan kandang selalu rutin juga memeriksa kesehatan sapi agar pertumbuhannya tetap stabil. Agar sapi brahman tidak terjangkit penyakit rutinlah memberikan vitamin dan antibodi dengan menghubungi mantri hewan didaerah setempat.

Pepanenan Sapi Brahman

Proses penggemukan sapi brahman minimal kurang lebih 6 bulan, namun sebagian masyarakat ada juga masa penggemukan 10 bulan sampai dengan 1 tahun. Harga sapi potong brhaman sangat mahal, satu sapi saja bisa mencapai 18 jutaan. Sebelum dipanen pastikan bobot sapi Anda sudah mencapai target, jika kurang mencapai target lakukan penggemukan satu bulan saja agar bobot sesuai target yang diharapkan.

Leave a Reply