Kambing boer

Cara Mengenal Kambing Boer dan Turunannya

Tahukah kamu bahwa Kambing Boer adalah salah satu kambing unggul tipe pedaging, kambing jenis ini sangat banyak peminatnya terutama para pengusaha ternak modern dan tentu saja merka akan mengembang biakkan kambing ini. Sangat disayangkan sekali di Indonesia sendiri untuk keberadaan kambing ini masih sangat sedikit.

Berdasarkan hal ini bahwa peluang pangsa pasar untuk kambing ini masih sangat terbuka sangat lebar ditambah lagi dengan harga kambing di Indonesia yang mengalami kenaikan harga disetiap tahunnya.
Di Indonesia sendiri selain jenis kambing boer masih banyak juga jenis kambing unggul yang di budidayakan oleh para pengusaha ternak. Baik itu kambing etawa, kambing PE dan kambing kacang dari daerah lokal dan lainnya.

Jenis Kambing Boer

Kambing Boer Full Blood

Kambing Full Blood adalah jenis kambing 100% asli dari kambing boer sendiri. Didalam asosiasi, kambing boer berdarah murni terdaftar dengan silsilahnya dan kambing ini dari keturunannya belum pernah tercampur dengan persilangan kambing jenis apapun. Pada Negara Afrika Selatan saja kamu bisa menemukan kambing jenis Boer Full Blood ini karena disana terdapat habitat aslinya. Sehingga untuk mendapatkan kambing ini hanya dengan satu cara yaitu mengimpor kambing ini dari negara aslinya.

Kambing Boer Pure Breed

Kambing boer Pure Breed adalah jenis kambing peranakan (purebreed) dari kambing boer betina. Jenis peranakan ini mempunyai 15/16 atau 93,75% darah dari kambing boer yang didapat dari keturuanan kambing boer murni. Jenis peranakan ini sudah terdaftar dan tercatat di IBGA, jenis ini juga disebut F4. Sedangkan kambing boer jantan peranakan mempunyai 31/32 atau 96,88% darah kambing boer yang berasal dari kambing keturunan boer murni dan juga sudah terdaftar dan tercatat di IBGA, dan jenis ini disebut F5.

Kambing Boer Campuran

Kambing boer campuran adalah jenis boer yang memiliki darah sekitar 50% dari darah boer murni. Boer campuran bisa saja berawal dari turunan penjantan boer murni (fullblood) dengan betina yang bukan boer atau sebaliknya yaitu betina boer murni dengan penjatan bukan boer.

Kawin Silang Kambir Boer

Keluarga Kambing
http://www.locusthavenboergoats.com/

Agar mendapatkan keturunan kambing dengan kateristik yang lain dan akan mampu beradaptasi dengan baik pada lingkungan dan iklim Indonesia. Kamu dapat melakukan dengan cara menyilangkan kambing boer dengan beberapa kambing lokal yang ada di Indonesia. Pertanyaan terbesarnya adalah bagaimana mendapatkan presentase darah keturunan turunan boer? Pada saat persilangan kambing boer ada beberapa aturan pokok yang harus diperhatikan dengan seksama. Setidaknya ada dua patokan yang harus diterapkan, yaitu:

  • Pencatatan silsilah atau pedigree harus tercatat secara terus menerus agar bisa mengetahui nilai presentase dari kambing boer itu sendiri.
  • Kambing Pejantan yang akan dikawinkan harus murni boer (pureblood).

Kode “F” digunakan untuk persentase kemurnian kambing boer yang telah dihasilkan dari persilangan antara penjantan boer murni atau fullblood dengan betina bukan boer. Nah, dibawah ini adalah aturan persilangan boer.

  • Keturunan F1: 1/2 kambing boer = pejantan boer murni dengan indukan kambing jenis lain
  • Keturunan F2: 3/4 kambing boer = penjantan boer murni dengan indukan F1
  • Keturunan F3: 7/8 kambing boer = pejantan boer murni dengan indukan F2
  • Keturunan F4: 15/16 kambing boer = pejantan boer murni dengan indukan F3
  • Keturunan F5: 31/32 kambing boer = pejantan boer murni dengan indukan F4

Di Indonesia sendiri biasanya kambing boer banyak disilangkan dengan kambing lokal seperti, kambing PE, kambing benggala, kambing kacang, kambing jawa randu dan lainnya. Universitas Brawijaya adalah satu satunya institusi yang memiliki kambing boer full blood yang sudah terdaftar hingga saat ini. Namun, dalam perkembangannya kurang berjalan sedara optimal.

Sementara itu di Provinsi lampung, pemerintahnya sendiri melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan importir yang akhirnya memiliki beberapa boer full blood, yang kemudian akan disilangkan dengan beberapa kambing jawa randu yang berada di provinsi lampung.

Ada juga di Provinsi Sumatera Utara juga menyilangkan kambing boer dengan kambing kacang, lokasinya berada di Balai Penelitian Kambing Potong Lolit Sei Putih Galang. Tujuannya agar diketahui apa saja hasil dari persilangan tadi. Hasil dari persilangan tersebut tidak akan menghasilkan keturunan murni (full blood) kambing boer. Namun, akan menghasilkan adalah boer peranakan (purebreed).

2 thoughts on “Cara Mengenal Kambing Boer dan Turunannya

Leave a Comment