Inilah Cara Membuat Lilin yang Aman di Rumah

Lilin adalah salah satu penerangan yang terbuat dari sebuah sumbu di tengahnya dan diselimuti oleh bahan bakar padat. Di abad ke-19, bahan bakar yang digunakan biasanya adalah lemak sapi yang banyak mengandung asam stearat. Namun, sekarang yang biasanya digunakan adalah parafin.

Lilin termasuk temuan yang paling awal di dalam dunia primitif. Pada tahun 3000 SM di negara Mesir sudah menggunakan lilin dalam kehidupannya. Dilihatnya juga bahwa pada abad I masyarakat Romawi menggunakan lilin yang sumbunya berupa alang-alang.

Pada abad berikutnya, masyarakat Mesir Kuno mengganti batang alang-alang dengan sumbu serat yang prosesnya dicelupkan ke dalam lemak cair, didinginkan dan kembali dicelupkan ke dalam lemak cair, didingingkan dan kembali dicelup sampai kekebalan tertentu. Nah, hal ini dianggap sebagai cikal bakal lilin batangan modern seperti yang ada pada zaman sekarang ini. Namun, lilin yang ada pada saat itu belum sempurna seperti sekarang. Pada zaman itu, sering juga ketika menghidupkan lilin mengeluarkan asap kehitaman dan juga kerap mengeluarkan semacam gas, aroma tidak sedap yang membuat mata menjadi pedih.

Baca juga: Cara Membuat Bros

Cara Membuat Lilin Sederhana

Bahan yang diperlukan:

  • Parafin
  • Benang kasur
  • Parfum
  • Pewarna

Peralatan yang diperlukan:

  • Panci kecil
  • Botol bekas selai atau lainnya (carilah yang mempunyai lubang agak lebar dan kaca tebal).
  • Gelas kecil, jika ingin berwarna-warni gunakanlah gelas transparan.
  • Tusuk sate, gunakan ukuran lebih panjang dari diameter mulut gelas.

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama siapkan tusuk sate, kemudian ikat bagian tengahnya dengan benang kasur tadi, lalu letakkan tusuk sate tersebut tepat di atas mulut gelas dan aturlah agar benang kasur jatuh ke dasar dan tetap berada ditengah gelas.
  2. Langka kedua ambillah botol bekas yang telah disiapkan tadi lalu masukkan ke dalamnya potongan parafin.
  3. Letakan botol yang telah berisi parafin tersebut ke dalam panci yang telah berisi air dengan tinggi kira-kira 1/3 panci.
  4. Kamudian panaskan di atas kompor yang menyala dengan api kecil, kemudian aduk perlahan hingga parafin mencair.
  5. Masukkan pewarna sedikit demi sedikit sampai mendapatkan warna sesuai dengan keinginan.
  6. Setelah warnanya sesuai matikan api, lalu angkat panci dari kompor, tambahkan parfum/aroma ke dalam paraffin yang masih mencair.
  7. Proses terakhir adalah tuangkan paraffin cair ke dalam gelas, lalu diamkan sampai parafin menjadi dingin dan beku.
https://nebula.wsimg.com
https://nebula.wsimg.com

Jika kamu ingin mendapatkan warna yang bercampur kamu bisa melakukan cara yang sama dengan proses lilin berlapis, bedanya jika saat menuangkan lilin berwarna B jangan menunggu lilin warna A mengeras.

Jika ingin lebih menarik, kamu bisa tambahkan lilin malam berwarna-warni yang biasa digunakan oleh anak-anak untuk bermain. Caranya tempelkan pada permukaan dalam gelas (bentuk agar mirip seperti bunga, daun atau lainnya jika dilihat dari luar gelas). Lalu tuangkan cairan paraffin (jangan terlalu panas, agar lilin malamnya tidak ikut mencair).

Agar posisi sumbunya lebih tegak, kamu bisa celupkan sumbu tersebut ke dalam paraffincair, lalu letakkan kemabali di tengah-tengah gelas.

Leave a Comment