Cara Membuat Klepon

Cara Mudah Membuat Klepon Enak dan Lezat

Tahukah kamu bahwa sekarang sudah banyak sekali jajanan yang dari luar masuk ke negara Indoneisa. Apalagi sekarang jajanan tersebut sangat mudah untuk dijumpai di warung dekat rumah ataupun di sekolah. Memang tidak semua jajanan tersebut berbahaya dan dapat menganggu kesehatan sang buah hati. Namun, jika kamu memiliki rasa kekhawatiran yang cukup tinggi, kenapa tidak membuat jajanan sendiri untuk buah hati kita, seperti contohnya Kue Klepon.

Resep kue klepon merupakan salah satu jajanan asli Indonesia yang sudah cukup terkenal di seluruh nusantara. Tidak hanya anak-anak yang menyukai kue klepon ini namun remaja dan orang dewasa sangat menyukai klepon ini. Mungkin karenaa rasanya yang manis dan enak di mulut. Selain rasanya yang manis, kue ini terkenal akan rasa gurih dari kulit luarnya karena itulah jika kamu pergi ke pasar tradisional kamu pasti akan menemukan makanan ini dengan mudah.

Masyarakat Indonesia kadang lebih senang jika membeli jajanan ini di pasar ataupun toko terdekat, ada pula yang menjajakkan makanan ini. Harga dari kue klepon sengat ekonomis berkisar Rp.500 sampai Rp.1000/klepon. Cukup murah bukan, namun jika kamu memiliki waktu luang kenapa tidak membuatnya sendiri?

Di Indonesia sendiri kue klepon terdiri dari dua resep yaitu klepon ketan dan kue klepon ubi. Dalam artikel ini kita akan membuat klepon ketan.

Baca juga: Cara Membuat Kimchi

Cara membuat klepon ini cukup mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah ditemukan apalagi jika kamu tinggal di Indonesia, haha. Bahan-bahan tersebut bisa kamu dapatkan di warung ataupun mini market terdekat. Kamu juga bisa berhemat, dengan membuat sendiri dan kamu juga bisa memastikan bahwa kue yang kamu buat ini tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya yang pastinya bisa menganggu kesehatan keluarga kamu.

Cara Membuat Kue Klepon
mamarizky12.blogspot.com

Cara Membuat Klepon

Bahan-bahan

  • Tepung beras sebanyak 50 gram
  • Pasta hijau pandan sebanyak 2 sendok teh
  • Tepung ketan sebanyak 250 gram
  • Gula merah/gula jawa kurang lebih 220 gram
  • Garam dapaur secukupnya
  • Air bersih kurang lebih 280 ml
  • Daun pandan 1 lembar
  • Kapur sirih 1/4 sendok dan air 50 ml untuk membuat air kapur
  • Setengah buah kelapa dan parut

Cara membuat

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat air kapurnya. Campur dan endapkan 1/4 kapur sirih dan air nya, lalu ambil air kapurnya sebanyak 2 sendok kecil.
  2. Ambil satu wadah untuk adonan, masukkan 250 gram tepung ketan tadi dan tepung beras sebanyak 50 gram, setelah itu kamu aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur rata.
  3. Masukkan 2 sendok pasta pandan dan air kapur, aduk sebentar.
  4. Masukkan air bersih matang sedikit demi sedikit kemudian aduk ke dalam adonan tepung di atas. Lalu tambahkan air jika dirasa adonan masih terlalu kental dan sulit dibentuk.
  5. Setelah itu ambil sedikit irisan gula merah, taruh di atas adonan pipih di atas lalu bentuk bulatan seperti bola.
  6. Lakukan hal ini hingga adonan klepon tadi habis.
  7. Panaskan air untuk merebus adonannya dengan menggunakana api sedang kecil. Setelah api mendidih, masukkan satu persatu adonan ke dalamnya.
  8. Tunggulah hingga adonan tadi melayang di atas air rebusan. Setelah itu kamu angkat dan tiriskan lalu siapkan kukusan.
  9. Ambil satu wadah ukurang cukup besar dan masukkan parutan kelas, seperempat sendok garam dan daun pandannya. Aduk hingga rampai dan kukus sebentar.
  10. Ambil kue klepokk dan masukkan kedalam parutan kelapa. Kamu cukup gulingkan sampai kulit luarnya tertutup parutan kelapa. Ulangi proses ini pada semua kue klepon yang dibuat.
  11. Pastikan semua bagian kulitnya tertupi dengan kelapa. Setelah semua selesai kue klepon siap dihidangkan.

Gampangkan cara membuat klepon nya, selain kuenya menyehatkan, jajanan ini juga dapat kamu jadikan sebagai teman untuk minum teh di pagi dan sore hari. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment