IBX5836EC9B0E5EF

Cara Membangun Rumah Tangga yang Sakinah

Memiliki rumah tangga yang bahagia adalah dambaan semua orang. Terlebih bila kita dipertemukan dengan orang yang mampu mendampingi kita dalam keadaan susah maupun duka. Karena itu, membangun rumah tangga yang sakinah haruslah dimulai dari kedua belah pihak. Namun sayangnya, banyak pasangan yang tidak menyadari dan mengetahui cara membangun rumah tangga yang Islami.

Sebelum anda mengetahui cara membangun rumah tangga yang baik, sebaiknya anda memahami dulu definisi rumah tangga sakinah itu sendiri. Keluarga sakinah adalah keluarga yang memiliki rumah yang selalu dirindukan , entah dalam keadaan suka maupun duka.Bagi yang memiliki rumah tangga sakinah, tempat ini adalah penyejuk hati dan penghibur yang tiada tara. Keluarga sakinah tidak hanya berpengaruh pada kehidupan anda, namun juga bagi anak-anak sebagi percontohan yang baik saat hidup bermasyarakat kelak. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat membina rumah tangga.

Membangun rumah tangga berdasarkan tuntunan Al-Qur’an

Rasa cinta tidak cukup dijadikan sebagai landasan membangun sebuah keluarga. Islam telah mengajarkan berbagai macam cara untuk membina keluarga yang bahagia. Untuk hal ini, semua sudah dijelaskan di dalam AL-Qur’an. Anda tidak perlu bertanya-tanya ke sana kemari soal bagaimana membangun pondasi keluarga. Islam memiliki tips-tips paling lengkap. Anda tinggal mengikuti pada apa-apa yang diajarkan.

Membangun komunikasi

Komunikasi yang tepat di dalam sebuah keluarga adalah hal yang plaing penting. Membangun komunikasi yang baik dengan suami dan anak-anak akan mencegah hubungan anda retak. Rumah tangga pun akan langgeng dan tenang. Banyak sekali pasangan yang cepat bercerai karena kurang memperhatikan asas ini.

Kunci utama dalam berkomunikasi di sini adalah dengan selalu mengutamakan sikap jujur kepada pasangan. Jangan sampai anda menutup-nutupi sesuatu meskipun hal ini bertujuan untuk tidak menyakiti pasangan. Namun demikian, bila hal ini memang ditujukan untuk menyelamatkan keluarga dan tidak melanggar aturan Islam, hal ini bisa dijadikan opsi.

Baca Juuga  Pengaruh Buruk Kebiasaan Ngompol Pada Anak

Menjaga sifat jujur terhadap sesama adalah hal yang sangat sulit mengingat kedua pasangan sudah pasti memiliki watak yang berbeda. Yang terpenting, jangan sampai anda melakukan kebohongan satu pun, sebab bila anda melakukan hal ini sekali saja, anda akan menambahkan satu kebohongan lagi dan akan terus berlanjut untuk menutupi cerita bohon yang sebelumnya.

Menjaga Senyuman

Di dalam Islam, kita selalu dianjurkan untuk selalu tersenyum. Sebab, satu kebaikan ini akan menyebar ke kebaikan yang lainnya. Menerapkan senyum untuk sang istri dan anak-anak mampu menjaga keharmonisan rumah tangga anda.

Menjaga rahasia

Tidak hanya suami, sang istri juga harus pintar-pintar menjaga rahasia dan harta sang suami saat suami tidak di rumah. Menurut sabda Rasullullah di dalam HR. Bukhari dan Muslim, Tidak ada yang lebih baik di dunia ini bagi seorang muslim setelah menyembah Allah, selain mendapatkan istri yang shalihah, cantik bila dipandang, patuh apabila diperintah, memenuhi sumpah pernikahan, menjaga diri dari kekayaan suami di saat suami pergi, mengasuh anak-anaknya, tidak membiarkan orang lain masuk ke rumah tanpa izin suami dan tidak menolak suami bila ia memanggil ke tempat tidur.

Membangun rumah tangga sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan selama kita saling mematuhi aturan islam. Islam memberikan aturan-aturan yang tidak memberatkan kita. Kita hanya perlu mematuhi apa yang tertulis di dalamnya. InsyaAllah, Allah memberikan yang terbaik untuk keluarga kita.

Source: Muslimah

Leave a Reply