Semut

Belajar Dari Semut

Belajar adalah proses yang berlangsung terus menerus walaupun kita sudah tua. Selayaknya dilakukan dimanapun, kapanpun dan dari siapapun. Sesungguh nya kita dapat mengambil suatu ibroh atau pelajaran yang tampak remeh sekalipun. Persoalan berikutnya adalah mau atau tidak kita belajar dan mengambil sedikit ibroh dari suatu peristiwa berharga.

Pada beberapa hari yang lalu saya melihat suatu bacaan tentang bagaimana semut bertahan hidup, yang banyak sekali pelajaran yang harus kita ambil.

Ada beberapa pelajaran yang bisa kita ambil dari seekor semut, makhluk kecil yang dengan kuasa-Nya menunjukkan ayat-ayat Kauniyah-Nya.

Pelajaran Dari Semut

Ants Never Out

Jika semut sedang menuju ke suatu tempat dan ada yang mencoba menghentikanya, maka mereka akan mencari jalan lain. Mereka akan memanjat keatas, dan mencari celah lewat bawah atau bisa juga memutarinya. Mereka akan selalu mencari jalan yang lain untuk bisa melewati jalan tersebut.

Musim Panas Tidak akan Terjadi selamanya.

Kamu tidak akan berfikir bahwa musim panas akan terjadi selamanya. Begitu juga semut yang selalu mencari persediaan makanan selama musim panas untuk kebutuhan musin dingin.

Kita harus memikirkan kerasnya batu karang disaat kita menikmati carahnya matahari dan indahnya pasir dipantai.

Hangatnya Musim Panas pada waktu Musim Dingin

Selama musim dingin, semut selalu memikirkan hangatnya musim panas. Dan selama musim dingin, selalu memotivasi dirinya sendiri: “Musin dingin ini tidak akan lama, pasti segera akan berakhir”

Hari pertama cuaca terasa hangat, semut keluar dari sarangnya jika mereka merasa dingin, mereka akan kembali ke sarangnya lagi. Tetapi mereka akan terus keluar pada tiap hari pertama cuaca terasa hangat.

Ku Kerahkan Semua yang Aku Bisa

Kira-kira berapa banyak kah seekor semut selama musim panas dapat mengumpulkan cadangan makanan untuk kebutuhan pada saat musim dingin tiba? Sebanyak yang mereka mampu lakukan.

Ada beberapa pelajaran yang dapat kita ambil dari Semut

1. Jangan pernah menyerah

Jangan pernah menyerah untuk mencari jalan untuk mencapai tujuan hidupmu karena disitulah letak keindahan dan keistimewaan dirimu. Orang yang kuat akan selalu mempunyai jalan mereka sendiri dan terus akan mencari jalan keluar jika ada masalah dalam kehidupan nya. Memang sulit untuk mencapai itu semua tetapi jika kita tidak bisa menghadapinya dengan lapang dada dan kuat maka kita akan kalah dengan diri kita sendiri.

2. Selalu Mmpunyai Mimpi untuk Masa Depan

Ketika kita hidup didunia ini sangat penting untuk memiliki masa depan karena mimpi itulah yang membuat kita kuat menjadi seorang yang berguna dan bermanfaat bagi orang banyak. Seperti hal nya semut, semut tidak pernah memikirkan mencari makan untuk hari ini saja tetapi ia mencari persediaan makan untuk musim dingin ketika sulit sekali mencari makan pada musim dingin. Dan kita seharusnya belajar banyak dari semut karena dengan kita mempunyai pemikirin untuk masa depan kita akan termotivasi bagaimana menjalani kehidupan hari ini untuk masa depan kita.

3. Berfikir Positif

Dalam kehidupan yang paling amat penting adalah berfikir positif. Poin utama ketika kita bermasyarakat untuk menjalin hubungan yang baik kepada sesama. Biarpun kadang, rasa penyesalan itu hadir, tetapi pasti semua akan baik-baik saja ketika kita berfikir positif dan tenang. Berfikir positif juga merupakan hasil yang bermanfaat untuk masyarakat dan menguntungkan semua pihak.

4. Kerjakan Apa yang Bisa Dilakukan

Kerjakan apa yang kamu bisa lakukan dan berikanlah yang terbaik, ibarat semut ia mengumpulkan cadangan makan untuk musim dingin dengan semampu nya, ketika ia sudah tidak sanggup maka ia akan kembali ke sarang nya dan beristirahat. Nah, kita sebagai manusia bagaimana? apakah kita hanya tidur dirumah dan bermalas-malasan? lebih baik jangan karena bisa memutuskan potensi dalam diri kita. Kita semua tahu bahwa kita diciptakan semua sama, tapi apa yang membuat kita berbeda dengan orang lain. Ya, KEMAUAN dan KERJA KERAS serta KERJA PINTAR. 3 Kata-kata itu yang harus dipegang teguh dalam menyukseskan kehidupan kita didalam hidup ini. Jangan hanya berpangku tangan dengan orang tua saja. Berusaha dong, lakukan apa yang kamu bisa.. 😀

Semoga artikel yang sedikit memberi pelajaran ini dapat bermanfaat..

Sekian..