Rantai backlink

Apa Itu Backlink?

Apa itu Backlink ? inilah yang banyak di tanyakan oleh blogger pemula, sebenarnya apakah backlink itu penting buat website? jawabanya adalah sangat penting.

Bahkan sangat pentingnya banyak orang yang rela mengeluarkan uang demi mendapatkannya backlink. Di sisi lain justru banyak blogger yang tidak mempedulikan manfaat dari backlink itu sendiri. Mereka hanya fokus memperbanyak artikel dan mempromosikan website ke berbagai sosial media.

Memang tidak ada salahnya seperti itu , tapi blog itu tetap butuh backlink. Jika di ibaratkan sebuah rumah, backlink itu adalah sebagai pondasi rumah . Mengapa seperti itu ? kerena backlinklah yang membuat posisi blog berdiri tegak di search engine.

Pengertian Backlink

Backlink berasal dari dua kata yaitu back dan link adalah  back itu kembali dan link adalah tautan sebuah situs. Jadi Backlink adalah suatu jalinan suatu web pada web lainya. Contoh: link web biftah.com berada di web nya arraziibrahim.com, dan begitulah sebaliknya.

Jenis-Jenis Backlink

 1. One Way Backlink

One Way Backlink adalah backlink satu arah. Maksudnya hanya backlink yang kita tanam pada suatu website tanpa adanya timbal balik dari website tersebut. Contoh sederhana nya begini, situs biftah.com mempunyai backlink di situs arraziibrahim.com dan situs arraziibrrahim.com tidak ada disitus biftah.com

2. Two Way Backlink

Two Way Backlink adalah kebalikan dari one way baclink, ialah backlink dua arah. Maksudnya backlink yang kita tanam pada suatu website adanya timbal balik dari website tersebut. Contoh sederhana nya begini, situs biftah.com mempunyai backlink di situs arraziibrahim.com dan situs arraziibrahim.com juga mempunyai backlink di biftah.com

 Cara Membuat Backlink

1. Cari Situs Berbasis WordPress.com

Ada 60 juta pengguna WordPress.com di seluruh dunia. Dengan mengunakan teknik footprint saja kita bisa menemukan situs target untuk di backlink.

Kita bisa memerintah Google untuk memperlihatkan hasil dari kata kunci yang kita cari dari situs berbasis WordPress tersebut. Caranya dengan menulis kata kunci site:wordpress.com, contoh kaos bola site:wordpress.com.

Contoh Site
Contoh Mencari target backlink di situs wordpress

2. Menyaring Konten Terbaru

Setelah muncul website wordpress tadi yang kita sudah masukkan kata kunci, anda bisa menyaring lagi supaya yang muncul itu konten-konten yang masih hangat alias masih baru. Klik Alat Penelusuran, lalu pilih bagian sembarang waktu.

Kalau saya biasa 1 minggu terakhir..

 

Menyaring konten
Menyaring konten yang terbaru pada google.

3. Gunakan Keyword Diversity di Anchor Text

Keyword Diversity adalah anchor text yang mengandung 1 kata mungkin lebih dari keyword tersebut.

Di WordPress.com, form nama akan otomatis menjadi Anchor text. Kamu bisa memanfaatkan nya secara bijak.

Contoh Ancor Text di WordPress
Contoh anchor text di kolom komentar

4. Gunakan Email yang Belum Terdaftar di WordPress

Dalam berkomentar jangan mengunakan email yang sudah terdaftar di wordpress.com karena jika kita mengunakan email yang sudah terdaftar maka pihak wordpress akan meminta kita login pada wordpress.com itu akan membuat efektifiitas kerja kita menjadi terganggu, meskipun itu hal sepele.

5.Mengunakan Kalimat Tanya

Ketika ada orang yang bertanya, maka secara wajar akan diberikan jawaban. Artinya ketika kita memberikan komentar,  kita ditanggapi, status komentar kita sudah diapprove. Pastikan pertanyaan yang ditanyakan sesuai dengan tema yang sedang dibahas.

Komentar di WordPress
Contoh komentar supaya di approve 😀

Kesimpulan nya adalah,  backlink itu penting dan harus di lakukan secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal..

Sekarang sudah tau dan paham kan apa itu Backlink dan sedikit cara membuat backlink bagaimana? Yes, Semoga berhasil dengan ilmu yang sedikit ini marilah kita berbagi. 😀

Eh sudah tau cara membuat konten berkualitas? baca aja Cara Membuat Konten Berkualitas.. 😀

Sekian, semoga bermanfaat ya.. Good luck for you..