IBX5836EC9B0E5EF

8 Makanan Khas Thailand yang Akan Membuat Kamu Ketagihan

Thailand adalah negara Gajah Putih yang menjadi salah satu destinasi perjalanan wisata terbesar dalam 3 tahun terakhir. Berbagai tawaran dari Travel maupun Tour Guide selalu mencantumkan kota Bangkok atau Phuket di urutan paling atas.

Thailand  memiliki daya tarik eksotis yang mungkin bisa menjadi alasan kenapa negara ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Namun, bukan hanya hiburan dan keindahan pantainya saja, melainkan wisata kuliner yang khas dari masyarakat Thailand yang berhasil memancing rasa penasaran.

1. Tom Yum Goong

http://www.batamtoday.com/

http://www.batamtoday.com/

Hampir semua orang setuju bahwa makanan ini merupakan perwakilan dari seluruh masakan khas Thailand. Sebuah masakan dengan bumbu yang berani, memadukan campuran serai wangi, cabai, lengkuas, daun jeruk, bawang merah, air jeruk nipis dan saus ikan. Bentuk sup ini sangat sederhana, memberikan rasa rempah-rempah yang menendang. Udang yang segar serta jamur memanjakan tubuh.

2. Gang Som Pak Ruam

menujang.myreadyweb.com

menujang.myreadyweb.com

Makanan ini adalah sup yang menggabungkan rasa manis, asam dan pedas. Perpaduan wortel segar, daun kubis dan kacang hijau serta biasa disajikan bersama dengan telur dadar dan sayuran hijau khas Thailand.

3. Gang Keow Wan

http://ohthailand.com/

http://ohthailand.com/

Gang Keow Wan merupakan salah satu kuliner khas Thailand yang terbuat dari potongan ayam segar dengan tomat hijau yang dapat mengunggah lidah. Selain tomat hijau, masakan ini dibuat dengan rebung dan ketumbar, kemudian dicampurkan dengan daun kemangi, sehingga masakan ini menjadi sangat istimewa. Sementara untuk kuahnya sendiri dibuat dari tomat dan daun-daunan yang hijau lalu dibuat menjadi pasta dan dicampurkan dengan santan yang kental serta beragam bumbu yang khas.

4. Panang Gai

http://rachelcooksthai.com/

http://rachelcooksthai.com/

Masih dari ranah kari Thailand, Panang Gai ini merupakan campuran pasta kari merah yang digoreng dengan suwiran daging ayam sebelum disirami santan. Bukan hanya rasanya yang pedas yang bisa kamu rasakan namun, masih ada esensi rasa segar dari percikan air jeruk purut.

5. Gang Massaman

http://www.tentree.com/

http://www.tentree.com/

Gang Massaman makanan kari yang berbeda dari sebelumnya, makanan ini memiliki rasa yang dominan manis. Saus karinya dibuat dari kombinasi pasta kari, santan, rasanya yang kuat berasal dari kacang, sedikit pala dan kayu manis. Massaman biasanya dibuat dengan suwiran daging ayam dan potongan kentang. Makanan ini cocok untuk kamu yang menyukai masakan bumbu pekat.

6. Gai Pad Pongali

flickr.com

flickr.com

Berbahan dasar daging ayam, bawang, tomat dan paprika semuanya kemudian dicampur dengan pasta kari kuning. Teksturnya yang lebih halus dan kelebihan lain yang menjadikan masakan ini spektakuler adalah dengan adanya telur yang langsung diretakkan di atas menu sehingga lebih mengental dan bercampur dengan bahan lainya.

7. Gang Jued

http://www.panix.com/

http://www.panix.com/

Jika kamu cermati deretan makanan yang disajikan oleh negara Thailand, Gang Jued ini bisa dikatakan menjadi salah satu yang masuk dalam kategori makanan sehat. Mengapa bisa begitu, jelas karena bahan dasarnya yang digunakan. Lihat saja, mulai dari wortel, kubis, bawang, tahu, soun, daging bacon yang dicincang halus, hingga daun peterseli segar. Tampilan makanan ini tampak seperti pelangi, yang didominasi warna-warni sayuran yang fresh.

8. Jim Jum

plus.google.com

plus.google.com

Nama makanan ini mungkin masih terdengar asing bagi kamu. Tampilannya pun masi sangat sederhana jika dibandingkan dengan makanan sebelumnya. Makanan ini mengunakan pot yang terbuat dari tanah liat, jim jum merupakan kaldu aromatik yang terbuat dari daging bacon yang direbus bersamaan dengan kubis, telor, soun dan daun basil khas Thailand. Semua bahan tersebut di rebus bersamaan didalam pot tanah liat. Dan akan menghasilkan sup bergizi yang sangat sehat.

Baca Juuga  5 Jajanan Kuliner Jakarta yang Membuat mu Ketagihan

Leave a Reply