IBX5836EC9B0E5EF

8 Khasiat Minum Kopi yang Akan Membuat Kamu Lebih Sehat

Kopi adalah salah satu minuman yang sangat sehat apabila diminum dalam jumlah yang tidak berlebihan. Karena kandungan antioksidan dan nutrisi yang ada didalam kopi bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa seorang peminum kopi memiliki risiko jauh lebih rendah untuk terserang beberapa jenis penyakit yang serius.

1. Meningkatkan Energi dan Membuat Kamu Lebih Cerdas

Kafein yang ada didalam kopi dapat meningkatkan energi, yang sebenarnya adalah zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi masyarakat dunia. Setelah kamu minum kopi, kafein yang diserap kedalam aliran darah yang kemudian mengalir sampai ke otak. Banyaknya uji coba terkontrol pada peminum kopi menunjukkan bahwa kopi meningkatkan fungsi otak. Termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi dan fungsi kognitif.

2. Membantu Membakar Lemak

Kafein adalah salah satu zat alami yang telah terbukti membantu pembakaran lemak. Beberapa studi menunjukkan bahwa kafein yang terkandung didalam kopi meningkatkan metabolisme tubuh kurang lebih 3 – 11%. Studi lain juga menunjukkan kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak, sebanyak 10% pada orang dengan obesitas dan 29% pada orang kurus. Tetapi kemungkinan bahwa efek ini akan berkurang pada peminum kopi dengan jangka panjang.

3. Meningkatkan Kinerja Fisik

Kafein juga merangsang sistem saraf, menyebabkan ia mengirim sinyal ke sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh. Tetapi kafein juga dapat meningkatkan epinefrin (adrenalin) dalam darah, yang membuat hormon didalam tubuh kita siap untuk beraktivitas fisik secara intens. Kafein juga membuat sel-sel lemak memecah lemak di dalam tubuh, melepaskan mereka kedalam darah sebagai asam lemak bebas hingga membuat mereka sebagai bahan bakar.

4. Nutrisi yang Ada Didalam Kopi

Kopi bukan saja sekedar air hitam biasa namun memiliki banyak nutrisi di dalamnya seperti: Riboflavin (Vitamin B2), Asam Pantotenat (Vitamin B5), Mangan, Kalium, Magnesium dan Niacin (Vitamin B3).

Baca Juuga  Sering Stress Saat Hamil? Atasi dengan 5 Cara Ini

5. Memberikan Pelindungan Terhadap Hati

Di dalam tubuh manusia terdapat organ hati yang melakukan ratusan fungsi penting di dalam tubuh. Beberapa penyakit umu yang mempengaruhi hati, termasuk sirosis, hepatitis, penyakit hati berlemak dan lain-lain. Dan ternyata kopi dapat melindungi hati terhadap sirosis. Orang yang meminum 4 cangkir kopi atau lebih per harinya memiliki tingkat risiko 80% lebih rendah terserang penyakit sirosis.

6. Melawan Depresi dan Membuat Kamu Lebih Bahagia

Depresi adalah gangguan mental yang sangat serius bisa berdampak mengurangi kualitas hidup secara signifikan. Penduduk Amerika Serikat memiliki sekitar 4,1% yang memenuhi kriteria untuk depresi klinis. Harvad University melakukan studi yang diterbitkan pada tahun 2011, wanita yang meminum 4 cangkir kopi atau lebih per harinya memiliki resiko 20% lebih rendah untuk mengalami depresi.

7. Menurunkan Risiko Stroke

Kopi dapat menyebabkan tekanan darah, yang biasanya berkurang seiring dengan waktu. Peminum kopi memiliki risiko lebih rendah untuk terkena stroke karena tidak memiliki peningkatan terhadap penyakit jantung.

8. Sumber Antioksidan

Kopi memiliki antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas penyakit degeneratif, selain itu juga bermanfat bagi kecantikan kulit.

Semoga bermanfaat ya, ingat jangan terlalu banyak meminum kopi. Cukup dua kali sehari aja, tapi jika kamu mau lebih ngak kenapa-kenapa. 😀

Leave a Reply