IBX5836EC9B0E5EF

7 Plugin Wajib yang Harus Kamu Miliki Untuk WordPress

Assalammualaikum,

Kali ini saya akan membahas tentang 7 plugin wajib yang harus di miliki untuk WordPress, karena plugin ini sangat membantu sekali dalam SEO. Ya minimal bisa membuat website kita terindeks google dengan cepat. Sebelum membahasa 7 plugin ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu plugin. Dan apa saja sih manfaat plugin untuk WordPress.

Apa itu Plugin ?

Plugin adalah sebuah program yang diintegrasikan dengan platfrom WordPress untuk memberikan fungsi kenyamanan yang belum ada pada instalasi standar pada WordPress. Atau artian lainya  Plugin adalah program aplikasi tambahan yang memberikan fitur yang lebih spesifik untuk meningkatkan kenyamanan dalam pengunaan WordPress.

Plugin WordPress

Plugin adalah salah satu program aplikasi tamabahan. Sumber: elegantthemes

Plugin WordPress

Salah satu keunggulan mengunakan wordpress adalah terdapat bermacam-macam jenis plugin yang berada di platfrom tersebut. Kita juga dapat meningkatkan kemampuan dan fungsi sebuah website WordPress dengan menginstal beberapa plugin. (baca juga : Apa itu Backlink?)

7 Plugin Wajib

1. Jetpack

Jetpack adalah salah satu plugin wajib yang harus kamu instal kenapa? karena Jetpack mempunyai beberapa fungsi yang sangat efisien dalam kinerja nya.

  • Mudah di Instal, Setup, dan Dipelajari
  • Site Stats Plus
  • Komentar dan Langganan
  • Social Sharing
  • Ejaan dan Grammar
  • Shortcode

Kegunaan lainya dari Jetpack ini adalah website kita akan terhubung dengan wordpress.com, sehingga konten yang kita tulis ini dapat masuk ke situs-situs wordpress.com. Selain itu keunggulan lainya adalah gambar yang kita upload akan di backup oleh wordpress.com dan menjaadi lebih ringan ketika di buka.

Jetpack WordPress

Jetpack adalah salah satu plugin wajib yang harus di pasang pada wordpress

2. Akismet

Akismet adalah plugin untuk mencegah para spammer pada website kita. Pencegahan tersebut dilakukan dengan melindungi kolom komentar dari para spammer tersebut. Plugin akismet akan menyaring komentar-komentar yang masuk ke website kita.

Spammer

Spammer adalah suatu kegiatan yang mengkomentari website seseorang dengan kata-kata yang kurang masuk akal.

3. Media File Renamer

Plugin Media File Renamer bermanfaat untuk merename foto dalam jumlah yang banyak sekaligus. Jadi kita bisa mengubah nama foto-foto yang sudah kita upload ke website tadi dalam jumlah yang banyak.

Baca Juuga  Cara Praktis Membuat Konten Berkualitas

4. SEO Images

SEO Images adalah salah satu plugin yang ada didalam wordpress yang otomatis update gambar dengan ALT (alternatif) dan Title atributes bertujuan SEO (Search Engine Optimazation). Jika sebuah gambar tidak memiliki ALT dan Title, maka SEO Images akan menambahkan nya sesuai dengan pilihan yang kita tentukan.

SEO Images

SEO Images bertujuan untuk gambar yang kita upload dapat masuk ke mesin pencari dan berada di menu default pada Google.

5. Breadcrumb NavXT

Breadcrum NavXT adalah salah satu plugin yang ada di WordPress, fungsi dari plugin ini adalah untuk membuat struktur navigasi pada suatu website. Ketika ada yang mengunjungi website kita dan membuka salah satu artikel pada website tersebut maka akan muncul struktur dari halaman tersebut.

6. Google XML Sitemap

Plugin ini akan membuat Sitemap XML khusus yang akan membantu mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, Ask.com untuk mengindeks website kita lebih baik. Dengan sitemap tersebut, itu jauh lebih mudah untuk crawler supaya melihat struktur lengkap dari website Anda dan mesin pencari akan lebih efisien untuk mengambilnya. Plugin ini juga mendukung semua jenis wordpress yang menghasilkan halaman serta URL custom. Selain itu Google XML Sitemap juga memudahkan Google untuk membaca URL yang berada di website kita. Dan jangan lupa ketiaka sudah memasang plugin, Sitemap kita harus di daftarkan pada Google Webmaster supaya cepat terindeks pada mesin pencari Google.com.

Untuk mengetahu bahwa sitemap kita sudah ada atau belum kita bisa mengecek nya dengan mengetik “namadomain.com/sitemap.xml”

Google Sitemap XML Arne Brachold

Google Sitemap XML bertujuan untuk memudahkan membaca alamat URL pada website kita pada mesin pencari

7. SEO Ultimate

SEO Ultimate adalah plugin yang memudahkan untuk pemberian deskripsi pada suatu artikel. Deskripsi yang haru di tulis minimal sekitar 140 karakter. Dan didalam deskripsi kita juga bisa membuat ringakasan dari sebuah artikel dengan mengunakan kata kunci di dalamnya. Karena Google akan melihat 3 Meta.

  • Meta Title
  • Meta Keyword
  • Meta Description
SEO Ultimate

SEO ultimate bertujuan untuk memudahkan kita memasukkan desripsi pada artikel atau konten pada suatu website.

Sekian dari saya, semoga dengan ilmu yang sedikit ini dapat bermanfaat..