IBX5836EC9B0E5EF

7 Keajaiban Kota Pontianak

Pontianak adalah ibukota dari provinsi Kalimantan Barat di negara Indonesia yang terkenal akan keelokan Sungai Kapuas nya, namun tidak hanya sungai kapuas yang terkenal di luar Pontianak. Saya akan memaparkan beberapa keajaiban dari kota Pontianak.

1. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas Kote Pontianak

Sungai kapuas sungai terpenjang di kote pontianak dan kalau kite sudah meminum aek nye sungguh nak melupakan nya.
Sumber: bambudphotografi.wordpress.com

Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Kalimantan Barat dan sekaligus sungai terpanjang di Indonesia. Sungai kapuas juga mempunyai keindahan tersendiri yaitu jika kita meminum aek nye, sungguh susah untuk melupakan nye, karena mitos orang pontianak bahwa ketika kita meminum air kapuas kita akan teringat keindahan sungai kapuas ini. Jadi,  jangan lupa untuk meminum air kapuas ketika berkunjung ke Pontianak.

2. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa Pontianak

Tugu Khatulistiwa merupakan monument yang berada dijalan khatulistiwa
Sumber: kfk.kompas.com

Keunikan yang terdapat di Tugu Khatulistiwa adalah bayangan kita dapat menghilang, hal ini dapat terjadi pada saat tertentu saja tepartnya ketika matahari berada di titik Kulminasi. Kulminasi hanya 2 kali dalam setahun yaitu akhir Maret dan September. Ketika kita berada di garis Khatulistiwa bayangan kita tidak ada yang terlihat. Cukup unik kan.. hehehe.. 😀

3. Rumah Adat Melayu

Rumah Adat Melayu Kota Pontianak

Pusat kebudayaan Melayu di kota pontianak
Sumber: http://www.wisatamelayu.com/

Rumah Melayu Kalimantan Barat terdapat keistimewaan tersendiri yaitu kemegahan arsitektur dan kelengkapan fasilitas-fasilitas yang terdapat didalamnya. Bahan bangunannya terbuat dari kayu belian, kayu khas kalimantan yang secara umum digunakan untuk membuat rumah-rumah yang ada di Pontianak pada zaman dulu. Rumah Melayu ini juga mengakomodir gaya arsitektur rumah melayu pada umum nya di Kalimantan Barat.

4. Masjid Mujahidin

Masjid Mujahidin Pontianak

Salah satu masjid terbesar di kalimantan barat

Nama Masjid Mujahidin dimaksudkan sebagai monumen perjuangan ummat. Dengan pemikirin mengabadikan perjuangan kaum muslimin dalam kebersamaan mempersembahkan kemerdekaan Indonesia, khususnya Kalimantan Barat.

Baca Juuga  Pontianak Menyapa Dunia, Peringatan Hut Kote Pontianak Ke-244

5.Keraton Kadariah

Keraton Kadriah Pontianak

Keraton Kadriah adalah cikal bakal Kota Pontianak.

Keraton Kadariyah adalah cikal bakal lahirnya Kota Pontianak. Kehadiran Keraton Kadariyah tidak lepas dari sosok seorang Syarif Abdurrahman Alkadrie seorang pemuda yang telah mengunjungi berbagai daerah di pelosok Nusantara serta melakukan dagang dari berbagai negara.

6.Masjid Sultan Abdurahman Al-qadrie

Masjid Sutan Syarif abdurahman al-qadrie Pontianak

Pendiri masjid sekaligus pendiri Kota Pontianak adalah Syarif Abdurrahman Alkadrie. Ia seorang keturunan Arab, anak Al Habib Husein, seorang penyebar agama Islam dari Jawa.
sumber:http://simbi.kemenag.go.id/

Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie adalah seorang pendiri dan sekaligus pendiri Kota Pontianak. Ia juga seorang keturunan arab, anak Al Habib Husein, Seorang penyebar agama islam di pulau Jawa. Al habib Husein menikah dengan seorang putri Raja Matan Sultan Kamaludin, yang bernama Nyai Tua. Setelah dari pernikahan itu lahirlah Syarif Abdurahman alkadrie yang meneruskan perjalan dakwah Islam di Pontianak.

7.Tugu Digulis

Tugu Digulis Pontianak

Tugu Digulis adalah sebuah monumen sebagai peringatan untuk mengenang jasa para tokoh sarekat islam di Kalimantan Barat.

Monumen Sebelas Digulis adalah monumen yang didirikan sebagai tanda perjuangan sebelas tokoh Sarekat islam di Kalimantan Barat, yang di buang oleh Hindia Belanda ke Boven Digoel, irian barat. Karena pada masa itu pemerintahan Hindia Belanda khawatir akan pergerakan mereka yang memicu pemeberontakan terhadap pemerintah Hindia Belanda di Kalimantan Barat pada saat itu.

 

Semoga Informasi 7 Keajaiban Kota Pontianak ini dapat menambah wawasan kita terhadapat Kota Pontianak yang tercinta ini.. 😀