3 Tanda Anak Mengalami Stress

Kalau anda berfikir hanya orang dewasa saja yang stress, sepertinya anda harus merubah pola pikir ini. karena berbagai hal, anak juga bisa terserang stress. Bahkan Alan Kazdin, Ph.D. yang merupakan seorang profesor psikologi dan psikiatri anak di Yale University Child Conduct Clinic, mengatakan kalau anak-anak juga bisa terserang stress, dan stress pada anak ini akan berbahaya kalau sampai tidak terpantau.

Banyak tanda yang bisa menunjukan seorang anak menderita stress. Dilansir dalam laman mayo clinic, berikut merupakan tanda-tanda anak mengalami stress.

Ketakutan

Kalau tiba-tiba anak anda terlihat sangat ketakutan seperti jadi takut pada kegelapan, takut pada anjing atau bahkan takut pada monster yang sebenarnya hanya imajinasinya saja. Maka ini pertanda anak sedang mengalami stress. Selain itu, anak yang stress juga akan cenderung banyak mengalami mimpi buruk.

Terjadi Kemunduran

Coba anda perhatikan. Kalau dia bertingkah layaknya bayi, seperti mudah menangis, selalu minta digendong dan lainnya, ini pertanda anak anda sedang terkena stress. Selain itu, anak yang sedang stress akan mengalami kemunduran kemampuan, seperti mendadak bicara layaknya bayi, selalu mencari kenyamanan dengan selimut, suka menghisap jempol atau bahkan sering mengompol.

Tidak Mau Jauh Dari Kamu

Anak akan bertingkah layaknya seseorang yang sedang terancam. Dia akan terlihat ketakutan, selalu menguntit kemanapun anda pergi dan sikap lainnya yang seolah tidak menunjukan tingkat kepercayaan diri yang selama ini dimilikinya.

Menurut Elizabeth Berger, M.D, seorang psikiater anak, sekaligus penulis Raising Children With Character, mengatakan kalau anak yang stress kemungkinan akan lebih menempel, dan selalu meminta anda untuk membantunya dalam berbagai hal yang sebenarnya sudah dia kuasai.

Bagaimana Cara Membantunya Supaya Terbebas dari Stress?

Anak-anak tidak akan tahu kalau dirinya sedang stress. Hal inilah yang membuat anak cenderung memilih diam. Untuk itu, sudah menjadi tugas anda untuk mencari apa penyebab si kecil stress. Mungkin saja karena tayangan televisi yang mempertontonkan kekerasan, atau bisa juga karena perlakuan teman mainnya.

Dengan mengetahui pemicu stress, maka anda akan dengan mudah mencarikan solusi dan mengatasi stress yang mereka alami.

Leave a Comment