3 Hal Inilah yang Dibutuhkan oleh Hati

Hati adalah salah satu bagian dalam tubuh kita yang tak bisa terlepaskan. Hati sangat kita butuhkan dalam segala kondisi. Sebab, hatilah yang merasakannya, baik itu ketika dalam keadaan sakit, susah maupun senang. Semua itu dirasakan oleh hati dan berdampak pada kondisi jiwa dan raga kita.

Bagaikan nafsu yang selalu penuh dengan berbagai keinginan dan biasanya mengarah pada keburukan, hati pun memiliki kebutuhan yang harus kita penuhi. Namun terkadang, kita hanya mementingkan keinginan nafsu jika dibandingkan kebutuhan hati. Padahal, hati juga harus kita perlakukan dengan baik. Sebab, hati yang bersih akan menunjukkan arah keselamatan bagi kita. Lalu, apa yang dibutuhkan hati?

Tiga hal yang dibutuhkan hati adalah:

1. Sesuatu yang dapat menjaga kekuatannya, yaitu iman, amal shaleh, dan berbagai macam ketaatan kepada Allah.

2. Melindungi diri dari hal-hal yang membahayakan, yaitu meninggalkan seluruh kemaksiatan dan beragam penyimpangan di dalam agama.

3. Mengosongkan diri dari segala hal yang dapat memunculkan penyakit, yaitu dengan berobat dan istighfar.

Nah, sudah jadi tugas kita untuk memenuhi kebutuhan dari salah satu bagian dari tubuh kita. Sebab, jika kita tidak memenuhinya, boleh jadi ia sakit dan berdampak buruk pada kelangsungan hidup kita. Mengingat bahwa anggota tubuh kita, antara satu dengan yang lain saling berhubungan. Maka ketika salah satu sakit, yang lain pun akan merasakan sakitnya.

Leave a Comment