11 Akibat Negatif Jika Kamu Kurang Minum Air Putih

Kamu jarang minum air putih? Berapa gelas air putih yang biasa kamu minum setiap harinya?

Saya sarankan mulai dari sekarang jangan lagi bersikap cuek terhadap minum air, jika kurang minum air putih bisa menyebabkan banyak sekali penyakit pada tubuh. Karena tubuh kita hampir 90% adalah air. Nah, maka dari itu artikel ini sangat cocok buat kamu yang ingin tahu apa saja penyakit yang kamu akan alami jika kekurangan air.

1. Membuat Sel-sel Otak Menjadi Tidak Aktif

Ketika kamu kekurangan persedian air, maka kamu akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini dapat menyebabkan cairan pada otak menurun dan asupan oksigen yang seharusnya mengalir ke otak menjadi berkurang. Hal ini akan mengakibatkan sel-sel pada otak tidak aktif dan tidak berkembang, bahakn dapat menyusut.

2. Menurunkan Kosentrasi

Otak memiliki komposisi yang terdiri dari cairan dan apabila otak tidak mendapatkan asupan air yang cukup, maka akan menganggu fungsi kognitif (kepandaian). Otak yang tidak dapat menjalankan fungsi kognitif akan membuat kamu menjadi mudah lupa, tidak konsentrasi, hingga lambat.

3. Menyebabkan Halusinasi Bahkan Kematian

Dehidrasi dapat menyebabkan gejala ringan seperi haus, sakit kepala, tenggorokan kering, badan panas, lelah, denyut nadi cepat, warna air kencing menjadi pekat, ataupun gejala yang berat seperti halusinasi bahkan kematian.

4. Menyebabkan Infeksi Kandung Kemih

Kekurangan air dapat rentan terhadap infeksi kandung kemih, karena bakteri tidak dapat keluar akibat kurang minum air putih. Adapun gejala infeksi kandung kemih bisa berupa suhu badan sedikit naik, nyeri saat buang air kecil, perasaan tidak dapat menahan buang air kecil, terdapat nyeri di atas tulang kemaluan, dan bahkan bisa jadi terdapat darah di dalam urine.

Bagi kamu yang wanita disarankan untuk lebih banyak minum air putih, karena panjang saluran kemih lebih pendek dari pada pria. Mengonsumsi air putih lebih banyak akan dapat membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan mengurangi resiko infeksi kandung kemih.

5. Membuat Kulit Menjadi Kusam

Kekurangan air putih dapat membuat kulit menjadi kusam. Ini disebabkan oleh aliran darah kepiler dikulit tidak berfungsi secara maksimal.

6. Menganggu Fungsi Ginjal

Kuran minum air putih dapat menganggu fungsi ginjal. Oleh karena itu, minumlah air putih minimal 2 liter per harinya, karena air dapat membantu mempermudah proses peluruhan komponen pembentuk batu ginjal, yang pada akhirnya keluar bersama urin saat buang air kecil.

Jadi, kamu jangan malas ya untuk minum air putih. Penuhi kebutuhan harian akan air putih agar kamu terhindar dari gangguan-gangguan kesehatan lainnya.

7. Kekurangan Garam dan Cairan Tubuh

Kurang minum air bisa membuat tubuh kamu kekurangan garam dan cairan tubuh. Tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik tanpa kadar cairan dan garam esensial yang penting. Kekurangan garam dan cairan bisa menyebabkan beberapa kondisi seperti mulut kering, mata kering dan dehidrasi yang bisa menyebabkan masalah kesehatan yang sangat fatal.

8. Masalah Pencernaan

Saluran pencernaan adalah sistem yang sangat kompleks, yang sangat memerlukan air untuk membantu mencerna makanan. Mulas dan sembelit adalah beberapa masalah pencernaan yang terkait dengan asupan air. Lapisan dinding perut terdiri dari 98% air, dan mengandung bekarbonat untuk melindunginya terhadapa asam lambung. Lapisan ini selalu tebal setiap saat untuk mencegah terjadinya masalah perut. Air membantu mempertahankan ketebalan lapisan lambung. Jika kamu tidak cukup meminum air setiap harinya maka lapisan ini akan menipis dan menimbulkan kerusakan.

9. Radang Sendi

Tulang rawan di setiap persendian terdiri dari sekitar 80% air. Tulang rawan sendi memiliki permukaan yangg halus agar memungkinkan pergerakan tubu yang lebih mudah maka harus tetap dilumasi. Ketika sendi kehilangan pelumasan, makan fungsionalitasnya akan melai merosot dengan cepat bahkan mengatah timbulnya arthritis. Jumlah asuan air minum yang di sarankan setiap harinya minimal 2 liter perhari. Air juga dapat membantuu menjaga sendi agar tetap terlumasi dengan baik dan mengurangi nyeri karena arthritis.

10. Tekanan Darah Tinggi

Hirpertensi sangat umu dialami oleh orang yang kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Ketika sel tubuh kekurangan air, maka tubuh akan memberikan sinyal kepada otak untuk mengeluarkan zat kimia yang bernama vasopressin. Zat ini akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan memicu tekanan darah tinggi.

11. Penambahan Berat Badan

Banyak orang yang salah mengartikan rasa haus dan lapar. Ini terkadang membuat mereka makan lebih banyak dan menybabkan berat badan bertambah. Di sisi lainya, jika kita memenuhi kebutuhan cairan tubuh, metabolisme akan bekerja dengan maksimal dan membantu menurunkan berat badan tubuh.

Leave a Comment